oleh

Dines Perindustrian Dan UKM Torut Menerima Kunjungan Pemerintah Kota Palembang

Lapangan News-Toraja Utara-Pemerintah kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Perindustrian ,Koperasi ,Usaha Kecil dan Menengah menerima kunjungan kerja Dinas Perindustrian Pemerintah Kota Palembang dalam rangka Study banding produksi tanaman Kopi Toraja dengan kopi Palembang ,berlangsung di Ruang Pola kantor Bupati Bukit Marante,rabu,7 april 2021.
Rombongan sebanyak 10 orang yang dipimpin Lukman Hakim Kepala Bidang Industri Pangan Kota Palembang,disambut langsung oleh Plh.Bupati Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare,M Pd, bersama Kadis Perindustrian Arung Buntu Lipa.

“kami sangat mengapresiasi dan bangga atas kunjungan ini,sebab mengingat bahwa kami adalah kabupaten termudah di Sulawesi Selatan,yang tentu memiliki kesan tersendiri bahwa Torut yang dijuluki Negri Diatas Awan menjadi pilihan, yang menjadi andalan Toraja Utara saat ini diantaranya adalah kopi, tenun dan pandai besi,yang sangat mendukung perekonomian masyarakat, juga merupakan hasil produksi yang diimpor kemancanegara dan cukup terkenal di seluruh dunia,Ungkap Arung Buntu Lipa.
Sementar Lukmanul Hakim menyampaikan bahwa, “Kota Palembang merupakan penghasil Kopi terbesar untuk Sumatera Utara,kami datang belajar untuk memperoleh pengetahuan tentang kopi dan bagaimana menjadi pelaku industri kopi yang berkualitas.
Produksi kopi Palembang adalah Kopi Arabica dan Robusta yang memiliki kesamaan dengan kopi Toraja”.

Semua jenis kopi berkualitas bagus, yang sangat ditentukan oleh proses pengolahan, dan Kopi Toraja di tanam dengan menggunakan pupuk Organik.

Selamat datang di Bumi Pongtiku Negri Diatas Awan,setiap daerah punya keunikan dan kearifan lokal yang mendukung sektor pariwisata, terhadap produksi lokal tersebut untuk menggerakkan segala sektor ekonomi yang perlu dilindungi,dan kita banggakan, menghargai dan membeli produk dalam negri,mari kita berpadu bersama untuk mencintai kopi, unggah Plh Bupati Torut.

Tampak hadir,PLt Asisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan Kornelia Untung Seru, Staf Ahli Yanice P, kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Tupim Setda ,sekretaris Diskominfo Anugrah Y Rundupadang dan kepala bidang Pertanian dan perkebunan Owen Danda dan undangan.
Pertemuan diakhiri dengan serah terima ungkapan kasih berupa miniatur rumah toraja oleh Plh Bupati Torut kepada ketua tim,dan sebaliknya menerima plakat serta oleh – oleh khas Palembang .

Penulis. Julina
Foto. Upa’ SH

News Feed