oleh

Aksi Unjuk Rasa Ikatan Pedagang Lokal, Berbuah Penandatanganan MOU Dengan Anggota DPRD Toraja Utara

Lepongan News – Toraja Utara—Personil gabungan Polres Toraja Utara, TNI Kodim 1414 Tana Toraja dan personil Satpol PP Toraja Utara mengamankan berjalannya aksi unjuk rasa Ikatan aliansi pedagang kecil Kabupaten Toraja Utara di depan gedung DPRD  Toraja Utara Rabu (21/10/2020).

Pengamanan ketat dilakukan oleh personil polres Toraja Utara saat ada aksi demo oleh Ikatan pedagang pasar lokal di depan Gedung DPRD Toraja Utara

Dalam aksi  puluhan pedagang yang tergabung dalam ikatan aliansi pedagang kecil Kabupaten Toraja Utara,  didepan  gedung DPRD Toraja Utara,  meminta kepada pihak anggota DPRD Toraja Utara agar menutup kegiatan pasar malam atau pasar subuh di wilayah pasar bolu kecamatan tallung lipu. kabupaten Toraja Utara, karena pedagang  merasa di rugikan dengan adanya pasar malam  atau pasar subuh yang dibuka oleh pihak Pemda Toraja Utara.

Saat itu massa ikatan pedagang diwakili Rian Ambalinggi dan Yulius Palenggang sebagai koordinator, sementara dari pihak pengamanan personil Brimob Batalyon B pelopor pare pare, personil TNI Kodim 1414 Tana Toraja,dan personil satpol PP Toraja Utara.

Mereka juga meminta kepada pihak DPRD Toraja Utara agar menegur personil Pemda yang membolehkan para pedagang melakukan aktifitas   di Terminal bolu.

Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama menerima perwakilan aksi unjuk rasa diaula gedung DPRD untuk melakukan diskusi membahas tuntutan Aliansi pedagang.

Hasil kesepakatan dengan Anggota DPRD antara lain : Pasar subuh di tiadakan karena merugikan pedagang lokal baik dari pasar pagi maupun  pasar bolu, karena kegiatan tersebut tidak meliki peraturan daerah (Perda).

Para pedagang yang melakukan aktifitas berdagang di luar di lokasi pasar, akan di tertibkan oleh personil satpol PP Toraja Utara, dan Terminal bolu jangan dijadikan sebagai lokasi pasar.
Selanjutnya,MOU tersebut di tandatangani oleh kedua belah pihak.Ketua DPRD seusai pertemuan pada wakil pendemo mengatakan, akan menampung semua masukan dan kesepakatan ini dan akan menyampaikan pada pihak Pemda Toraja Utara.

Aksi unjuk rasa tetap menjalankan protokeler kesehatan dengan menggunakan masker.

Turut hadir dalam aula gedung DPRD toraja utara. Anggota DPRD Yusuf Tangke Manda(fraksi partai Perindo) Rate Salurante(fraksi partai Nasdem)dan kepala lurah Tallung lipu Mataallo Aren Rante Maluku.Kabid Trantib Satpol PP Toraja utara Rudi Suling dan Kabid bapenda toraja utaraYunus sumule. (Asry)

News Feed