oleh

Bapenda Mengajak Perumda Torut Kelolah Retribusi Parkir dan Penggunaan Kekayaan Daerah.

Lepongan News Toraja Utara-Perusahaan Daerah Perusda yang keseluruhan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah, dan juga memiliki kedudukan sangat penting dan strategis, perlu dioptimalkan pengelolaannya agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal, dan di harapkan dapat meningkatkan Pendapatan Daerah melalui penyetoran Deviden sebagai bagian laba Perusda.

Meskipun masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh Perusda, baik Internal maupun Eksternal, antara lain keterbatasan SDM, birokrasi, sumber permodalan, kondisi persaingan usaha, serta jaringan usaha. Namun Perusda harus ditingkatkan secara signifikan dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada.Jelas Alexander.

Dengan sudah terbentuknya Perusda yang baru, diharapkan juga dapat bekerja secara profesional dalam pengelolan anggan atau modal usaha yang mungkin  akan digelontorkan pemda sebagai modal usaha nantinya.

Sekarang ini di Toraja Utara ada beberapa potensi Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) yang nyata, bagus di kelolah oleh Perumda seperti Retribusi Parkir dan Penggunaan Kekayaan Daerah lainnya misalnya di Lapangan Bakti.

Alexander, lebih sependapat bahwa parkiran kendaraan yang ada sekarang ini dikelolah oleh Perumda supaya ketertiban parkir bisa tercapai dan pemungutan Retribusi parkir bisa maksimal.

Ditekankan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Torut Alexander kepada Direktur Perumda bahwa, supaya tidak henti hentinya melakukan pertemuan dan rapat kordinasi dengan Dinas Perhubungan, Satlantas dan Bapenda untuk memperoleh masukan jelas Alexander.

Selanjunya kata ” Alexander “, Retribusi setelah dipungut oleh Perumda karcisnya di setor kotor ke Pemda, nanti ada pengembaliannya sebagai upah belanja atau bagi hasil yang akan di hitung oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) dan selanjutnya di setor ke Perumda.. Ucap Alexander.

lebih lanjut dijelaskan oleh alexander bahwa selain potentensi yang ada sekarang ini yang bisa dikelola perusda masi banyak lagi seperti mengelola hasil bumi masyarakat diantaranya, maskisa dan tamarello dari pulupuluk. pokoknya bagaimanalah para personil perusda yang sudah terpilih baru baru ini memikirkan itu agar dapat dikelola secara propesional agar dapat menjadi potensi pendapatan daerah ( PAD) kunci Alexander.  (Fredy.)

News Feed