oleh

Bupati Lutra Resmikan Gedung PSC 119 telan Anggaran Rp 1,2 Milyar, Optimalkan Layanan Kesehatan

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan terus meningkatkan kualitas pelayanan disektor kesehatan. Salah satu sarana mengoptimalkan penanganan kegawatdaruratan, Pemda membangun pusat pelayanan keselamatan terpadu atau Publik Safety Center (PSC) 119.

Pengoperasian PSC tersebut dibangun dengan anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 sebesar 1,2 Milyar. Hari ini diresmikan Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) Hj. Indah Putri Indriani di Kelurahan Bone Kecamatan Masamba, Jumat 15 Januari 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Marhani Katma dalam laporannya menjelaskan PSC 119 tersebut sebagai tugas dan tanggungjawab Dinas Kesehatan Lutra terhadap Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.

Menurutnya, pembentukan dan pengembangan pos pelayanan kegawatdaruratan terpadu PSC 119, diharapkan dapat menjamin respon cepat dan tepat untuk mencegah kecacatan dan penyelamatan nyawa. Dan tujuan dibentuknya PSC 119 adalah meningkatkan mutu dan akses mutu pelayanan kegawatdaruratan, mempercepat waktu dan penanganan atau respon tim korban pasien kegawatdaruratan dan menurunkan angka kematian dan kecacatan.

“Dalam sambutan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengingatkan, kejadian gawat darurat kapan saja bisa terjadi sehingga pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra berkomitmen menyediakan PSC ini, supaya kejadian gawat darurat dapat segera ditangani dan dikesempatan itu pula Bupati perempuan kedua kalinya di Sulsel mengajak untuk sejenak mendoakan saudara-saudara kits di Majene, Mamuju dan sekitarnya, agar diberi kesabaran dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Diharapkan kehadiran PSC 119 ini, dapat memberikan pertolongan kegawatdaruratan prarumah sakit kepada masyarakat di Bumi Lamaranginang. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan respon cepat, dengan semua sarana prasarana pendukungnya berupa gedung, ambulance serta mobil jenasah.

“PSC 119 membantu masyarakat untuk membetikan bantuan saat dalam keadaan gawat darurat dengan cara msnghubungi 119. Mereka akan memberikan bantuan secara cepat dengan melibatkan Puskesmas terdekat denfan posisi pelapor,” pungkas Bupati.i

Turut hadir dalam acara ini yakni, Ketua DPRD Lutra Drs Basir, Perwira Penghubung Kodim 1403 Sawerigading Mayor Arm Syafaruddin, Wakapolres Kompol H. Amir Majid dan para Kepala Perangkat Daerah. (yus)

News Feed