oleh

Bupati Toraja Utara: Instruksikan Puskesmas Tondon-Rantepao Dibuka Kembali, Demi Kemanusiaan

LEPONGANNEWS.COM – TORUT – Kabar gembira, dari Bupati Toraja Utara (Torut) Kalatiku Paembonan yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Oercepatan Penanganan Covid-19, menginstruksikan pelayanan ke masyarakat demi kemanusiaan di Puskesmas Tondon dan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Hal ini diinstruksikan Bupati Torut Kalatiku Paembonan melalui surat pemberitahuan yang saya tandatangani sendiri, karena dindua Puskesmas tersebut ada tenaga kesehatan pisitif corona virus, satu di Puskesmas Tondon dan dua di Puskesmas Rantepao.

“Layanan untuk masyarakat di dua Puskesmas tersebut akan dibuka besok Sabtu (26/12/2020) meliputi rawat inap dan persalinan yang selama beberapa hari sempat ditutup. Sementara untuk layanan rawat jalan tetap dibuka sepanjang waktu,” terang Kalatiku Paembonan, Jumat 25 Desember 2020.

Bupati, mengatakan mulai besok Sabtu 26 Desember Puskesmas Tondon dan Rantepao siap melayani rawat inap dan persalinan kembali. Hal iinin3 tenaga kesehatan dikarantina mandirindi kediamannya masing-masing.

Karena dua Puskesmas tersebut sudah disterilisasi penyemprotan disinfektan disetiap ruangan, baik diluar maupun didalam ruangan. Penyemprotan disinfektan dilakukan Gugus tugas percepatan Covid-19 Toraja Utara.

Dengan dibukanya layanan rawat inap dan persalinan mulai besok hari, masyarakat Kecamatan Tondon dan Kecamatan Rantepao yang sakit atau perlu menjalani persalinan, bisa datang ke Puskesmas tersebut. Mereka tidak perlu lagi menempuh penjalanan yang jauh untuk mengakses Puskesmas terdekat di Kecamatan lain atau ke Rumah Sakit.

Kalatiku Paembonan memastikan meski tiga tenaga kesehatan Puskesmas tersebut dinyatakan Positif Covid-19, pihaknya akan terus mengampanyekan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Bumi Pongtiku julukan Kabupaten Toraja Utara, dengan selalu memakai masker setiap beraktivitas.

Sekadar diketahui bahwa tiga tenaga kesehatan, mereka menjalani perawatan isolasi mandiri di kediamannya masing-masing. (yus)

News Feed