oleh

Debat Tiga Calon Bupati Dan Wakil Bupati Lutra di Kompas TV Tampak Bersemangat

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada 9 Desember 2020 tinggal menghitung hari. Sebagai rangkaian Pilkada, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu Utara menggelar Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Periode 2021-2025 yang disiarkan secara langsung Kompas TV pada Minggu (22/11/2020) pada pukul 15.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita).

Debat yang diikuti 3 pasangan calon masing-masing pasangan Nomor Urut 1 M. Thahar Rum – Rahmat Laguni, Pasang Nomor Urut 2 Indah Putri Indriani – Suaib Mansyur, dan Pasangan Nomor Urut 3 Arsyad Kasmar – Andi Sukma.

Leviana Cherlisa yang bertindak sebagai moderator pada debat tersebut melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pada sesi pemaparan Visi dan Misi, Paslon M. Thahar Rum dan Rahmat Laguni menyampaikan visi Luwu Utara Bangkit, dengan misi meningkatkan kualitas infrastruktur, pemukiman paska banjir dan interkoneksitas kawasan perkotaan baru. Selain itu, Paslon bertagline Rumah Kita ini juga menyampaikan misi meningkatkan produktifitas produksi dan pendapatan masyarakat di sektor pertanian dalam arti luas, mencakup tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan dan kehutanan.

Sementara itu, Paslon Indah Putri Indriani dan Suaib Mansyur memaparkan Visi Luwu Utara Maju, Mandiri, dan Harmonis. Untuk mencapai itu, pasangan bertagline BISA ini menunaikan misi yang akan diembannya jika terpilih kembali, antara lain memperkuat tata kelola pemerintahan yang efektif, profesional dan akuntabel, mewujudkan pelayanan dasar yang berkeadilan, ekonomi yang produktif dan berdaya saing, memperkuat koneksitas infrastruktur, meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan ketahanan bencana, serta meningkatkan ketahanan sosial berbasis budaya kearifan lokal.

Pada debat yang digelar di Makassar ini, Paslon Nomor 3 Arsyad Kasmar dan Andi Sukma, menyampaikan visi dan misi membangun Luwu Utara Unggul dan Religius dengan melakukan pembangunan di sektor pertanian, pendidikan, kesehatan dan pelayanan fasilitas terbaik di segala bidang, membangun ekonomi kerakyatan, membuka lapangan pekerjaan untuk generasi muda, dan memberi kesempatan ASN yang mempunyai kompetensi untuk menduduki jabatan yang fital.

Pada sesi pendalaman visi misi, nampak semua kandidat tampil lebih tenang dengan masing-masing memilih amplop pertanyaan yang disediakan oleh tim penyelenggara.

Indah Putri Indriani dan Suaib Mansyur yang mendapat kesempatan pertama memilih amplop B dengan pertanyaan terkait penyelenggaraan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 dan upaya yang akan dilakukan agar angka partisipasi masyarakat di semua jenjang pendidikan tetap tinggi, serta pertanyaan terkait upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki daya saing nasional di era industri 4.0.
Indah menjawab dengan sigap pertanyaan moderator dengan memaparkan langkah yang akan dilakukan.
“Kita memiliki program inovasi Guru Sahabat Siswa, di samping pembelajaran digitalisasi dan tatap muka dalam jumlah terbatas, menambah ruang belajar dan memanfaatkan ruang terbuka, mempersingkat jam tatap muka dengan tanpa mengurangi kualitas belajar.” terang Indah Putri Indriani.

Sementara Paslon nomor 3 saat ditanya soal pengelolaan masyarakat yang beragam sehingga terwujud kerukunan dan terhindar dari paham radikal dan intoleran, Arsyad Kasmar dan Andi Sukma memberikan jawaban akan menyatukan seluruh etnis dan agama yang ada.
“Budaya dari beragam etnis akan disinergikan untuk saling menghargai.” jawab Arsyad Kasmar.

Paslon Nomor 1 yang mendapat kesempatan berikutnya, mendapat pertanyaan terkait integrasi strategi dan program untuk kepentingan petani dan lingkungan hidup, disambut dengan jawaban dari Thahar Rum.
“70 persen penduduk Luwu Utara adalah petani. Kami akan siapkan anggaran yang lebih besar untuk masyarakat petani, dan akan buat rencana tata ruang yang lebih bagus sehingga lingkungan hidup dapat berjalan dengan petani.” jawab Thahar Rum dengan mantap.

Jalannya debat calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara ini disaksikan secara langsung oleh beberapa tim sukses dari masing-masing kandidat di tempat penyelenggaraan debat, serta disaksikan melalui layar kaca oleh pendukung yang tidak dapat hadir langsung di Makassar.(yus)

News Feed