oleh

Dinas Kesehatan Bekali Bhabinkamtibmas Tracing Covid-19, Maksimalkan PPKM Mikro

UULEPONGANNEWS, LUTRA – Upaya untuk memaksimalkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro terus dilakukan.

Kinerja tiga pilar dari tingkat desa yaitu TNI, Polri dan Pemerintah Desa, harus bisa dioptimalkan. Salah satunya, dalam melakukan tracing kepada bhabinkamtibmas.Tracing Covid-19 ini digelar di Aula Mapolres Luwu Utara, Kamis 25 Februari 2021.

Seluruh personel Bhabinkamtibmas Polres Luwu Utara mendapatkan pembekalan dan pelatihan tentang tracing Covid-19

Pelatihan ini dibuka langsung oleh  Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin dan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra Kepala Bidang Pencegahan Penyakit, I Komang Krisna yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Lutra.

Menurut AKBP Irwan Sunuddin, pembekalan ini untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan dan efektifitas peran Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19.

“Pelatihan ini berhubungan dengan upaya tracing Covid-19,” terang Kapolres Lutra melalui Kasubag Humas IPTU Abd Latif kepada wartawan media ini.

Materi yang disampaikan ialah tentang pengetahuan dasar tentang Covid-19, terutama dalam pencegahan, penelusuran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri.

Kapolres menyampaikan, agar anggota Bhabinkamtibmas sebagai Tracer Covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin.
Bahkan, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk bisa diterapkan dalam bertugas.

”Kami berharap bisa dieplementasikan di kehidupan sehari-hari dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat,” jelas Kapolres usai membuka pelatihan.

AKBP Irwan Sunuddin juga menjelaskan, langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang yang kian hari positif covid-1¥ meningkat di Lutra.

Selain itu Kapolres juga berharap, para anggota Bhabinkamtibmas bisa lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19.

“Kami ingin Bhabinkamtimas pro aktif mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, terus edukasi warga terkait disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) 5M dalam keseharian mereka,” ungkap pesan Kapolres.

AKBP Irwan Sunuddin menambahkan, setelah mendapatkan pelatihan tersebut para Bhabinkamtibmas bisa mengidentifikasi masyarakat yang teridentifikasi awal Covid-19, sehingga bisa langsung ditindak lanjuti.

“Sebagai pelaksana PPKM skala mikro, tugas dan peran sangat penting sehingga, peningkatan kemampuan juga dibutuhkan,” pungkas Kapolres.

Sementara I Komang Krisna dalam pemaparannya menjelaskan bahwa, masyarakat kita belum sepenuhnya menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan, terutamavdalam pemakaian masker setiap berada diluar.

” Dan hari ini Kamis (25/2/2021) sesuai data pantauan covid-19, pukul 12.00 Wita ada 10 kasus konfirmasi positif, sembuh 10 dan sementara perawatan 58 orang dan di isolasi mandiri 49 orang, di RSUD Andi Jemma Masamba 8 orang sedang di RS Hikmah 1 orang.

Sekadar diketahui yang 10 orang konfirmasi positif hari ini, dari Kecamatan Masamba 1 orang, Sukamaju Selatan 1, Bone-Bone 1, Malangke Barat 4, dan Kecamatan Mappedeceng 3 orang. Dan untuk yang meninggal positif covid-19 totalnya sudah 43 orang. (ega/yus)

News Feed