oleh

Dinas Pendidikan 2021 Dapat Tambahan DAK Rp 34 Milyar

LEPONGANNEWSS, LUTRA – Pemerintah Pusat kembali mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk tahun 2021 ke Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). DAK Fisik yang dikucurkan kali ini senilai Rp 34 miliar untuk bidang pendidikan di semua tingkatan.

Di tahun 2020 lalu hanya sebesar Rp 29 miliar, jadi ada kenaikan Rp 6 miliar atau 19%. Ini patut kita bersyukur sebab, dimasa corona virus Lutra dapat tambahan DAK Pendidikan lebih besar dari tahun sebelumnya.

Meskipun tidak sepenuhnya dikembalikan namun, tambahan anggaran ini membantu pemerintah daerah untuk menjalankan program pendidikan untuk berkontribusi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di bidang pendidikan.

“Hal ini disampaikan Bupati Lutra Indah Putri Indriani bahwa, kita fokus bagaimana bantuan pemerintah pusat pada pendidikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) ini, bagaimana mencari semua indikator untuk meningkatkan IPM kita,” terang Indah, saat meresmikan sarana prasarana DAK SMPN TA 2020 di Desa Beringin Jaya Kecamatan Baebunta Selatan, Selasa 2 Februari 2021.

Bupati perempuan dua periode di Sulsel ini berharap, DAK nantinya ini kita fokus pada pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di semua tingkatan sekolah.
” Kita fokus pengalokasian anggaran baik itu DAU, sebab sekolah ini rata-rata bangunannya sudah lama, Indah mohon Dinas Pendidikan melihat secara utuh serta memahami ketika kebijakan ini diambil,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Lutra, Jasrum mengatakan, pihaknya saat ini sudah merincikan menyusun rencana kerja yang akan dijalankan melalui DAK 34 miliar tersebut, untuk tahun 2021 ini.

“Lanjutnya, DAK ini untuk SMP Rp 23 miliar, SD Rp 9 miliar dan TK Rp 2 miliar, “jelas Jasrum.

Sekadar diketahui peresmian sarana prasarana DAK 2020 oleh Bupati Lutra, juga dirangkaikan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di pusatkan di Unit Pengelola Teknis (UPT) SMPN 3 Baebunta Selatan. (yus)

News Feed