oleh

Hari Ini KPU Lakukan Penyortiran dan Pelipatan Kertas Suara

 

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Tahapan penyortiran surat suara sudah mulai dilakukan di Gudang Logistik KPU Lutra Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan, Selasa (24/11/2020).

Petugas penyortir dan melipat kertas suara sudah mulai bekerja mulai kemarin yang nantinya akan dipergunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Utara 9 Desember 2020.

Dari petugas penyortir dan ikut juga menjalani Rapid Test, dan yang hasil non reaktif, itu yang dipakai KPU

Dijelaskan anggota komisioner KPU Divisi Parmas dan SDM Rahmat mengatakan, pelaksanaan kegiatan penghitungan dan melipat kertas suara dilakukan untuk mengetahui apakah kertas suara tersebut dalam kondisi baik atau rusak.

Bahkan ada kriteria kertas suara tersebut dapat dikatakan baik atau rusak diantaranya gambar pada kertas suara harus jelas, tidak buram, tinta pada cetakan tidak meluber, tidak ada bercak, apalagi bercak yang menyerupai coblosan, serta tidak ada potongan kertas suara yang tidak rapi.

Selanjutnya, kertas suara yang dilipat akan dihitung kembali berdasarkan packing.

“Kita akan hitung kembali, apakah didalamnya betul sesuai lembar disetiap kotaknya,” terang Rahmat dihadapan Sekretaris Daerah Armiady, Wakapolres Kompol H.Amir Majid, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Bawaslu Muhajirin dan Danki Brimob Baebunta AKP Laode Rusli.

Jika kondisi kertas suara dinyatakan baik, selanjutnya akan dilipat sesuai yang telah dicontohkan.

Lanjut Rahmat, ketika didalam penghitungan nanti terjadi kurang kirim atau lebih kirim, akan diakumulasikan dengan kerusakan.

“Jadi yang kurang kirim berapa, lebih kirim berapa, kemudian yang rusak berapa, setelah itu kita jumlahkan dan mintakan ganti kertas suara tersebut kepabrik yang mencetak,” jelasnya.

“Pergantian kerusakan dan kekurangan kertas suara sudah tercantum dalam perjanjian, jadi pencetak wajib mengganti kerusakan dan kekurangannya,” sambung Rahmat.

Rahmat juga memastikan semua akan sesuai jadwal dan target, meskipun jika ada kerusakan pada kertas suara, kemudian KPU meminta kertas suara yang baru, proses pengirimannya dipastikan akan tepat waktu.(yus)

News Feed