oleh

Hindari Kerumunan, Benar Covid19 Ada Sudah 2 Warga Kecamatan Sabbang Selatan Meninggal

LEPONGANNEWS, LUTRA – Pandemi Covid19 tentu telah menjadi momok di seluruh dunia, bahkan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun juga, ternyata masih ada segelintir orang yang menganggap virus ini tidak ada dan hanya konspirasi dan tidak disiplin protokol kesehatan.

Makanya, peran tokoh agama, pemerintah sampai Dusun dinilai vital untuk memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat terkait Covid19.

Hal itu ditegaskan Bhabinkamtibmas Desa Buangin Bripka Aswadi di dampingi Kepala Desa Buangin Zulkifli pada media ini, Rabu 3 Januari 2021 di tempat pesta nikah anak dari Jusmin, Dusun Tarue Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan yang rencana besok (4/2/2021) acara pernikahan anaknya.

Bripka Aswadi didampingi Kepala Desa (Kades) Buangin berharap, bukan hanya Satgas atau Pemerintah yang memberikan edukasi dan contoh, tetapi juga tokoh Agama dari semua Agama serta tokoh masyarakat dan pemuda serta tokoh-tokob lainnya dan masyarakat atau keluarga itu sendiri dalam penerapan kedisiplinan protokol kesehatan covid19.

Menurutnya, semua Agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia pun mengajarkan tentang pentingnya kebersihan dan menjaga ke Imanan agar ibadah tenang dan sejuk, tapi harus mengikuti kedisiplinan protokol kesehatan dimanapun berada, baik itu di pesta nikah dan kematian, hindari kerumunan dan selalu pakai masker.

“Dalam Islam diajarkan pula kebersihan, yang menjadi sebagian dari iman. Dari kecil diajarkan kebersihan, kita mau tidur suruh cuci kaki, gosok gigi, bangun tidur cuci muka, gosok gigi. Sampai bagaimana cara makan, untuk beradaptasi dengan lingkungan pasti diutamakan kebersihan siapapun itu, apapun Agamanya, pasti mengajarkan kebersihan,” ungkap Bripka Aswadi.

Sementara Zulkiffli Kades Buangin mengungkapkan bahwa, kalau memang kita sebagai orang yang berpendidikan dan ber Agama dan menjaga ke Imanan kita harusnya tetap percaya dan menjaga diri, saya sepakat dengan melihat zonasi risiko dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, disemua lini.

“Zulkifli mengingatkan masyarakat Desa Buangin bahwa, mari kita disiplin terapkan porotokol kesehatan dimanapun kita berada karena sudah ada 2 (dua) masyarakat Desa Buangin meninggal akibat Corona Virus ini,” pesan Kades Buangin.

Sekadar diketahui di Kantor Desa Buangin Tripika pertemuan membahas pendisiplinan protokol kesehatan dan operasi yustisi penegakan kedisiplinan. (yus)

News Feed