oleh

I Komang Krisna Pertama Divaksin Sinovac Covid19 di Lutra

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Pemerintah Luwu Utara terus melakukan edukasi terkait pentingnya vaksinasi, yang berguna untuk diri sendiri, dan juga orang lain terutama keluarga.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Covid19 Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), I Komang Krisna pada media ini, Jumat 8 Januari 2020, bahwa vaksin sinovac Lutra dapat jatah di tahap pertama 1566 vaksin sedang tenaga kesehatan 4000 an.

“Dan untuk penyuntikan pertama kalau vaksin sudah tiba di Bumi Lamaranginang julukan Lutra adalah saya,” tutur I Komang Krisna jubir covid19 baru tenaga kesehatan lainnya.

Baru kemudian untuk tahap kedua adalah pelayan-pelayan publik seperti, Palang Merah Indonesia (PMI), Polri, dan semua yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Walaupun nanti sudah divaksin corona virus, namun Jubir Covid19 Lutra ini berharap, supaya masyarakat tetap patuhindan disiplin terapkan protokol kesehatan.

Karena menurut I Komang Krisna, vaksin sinovac hanyalah salahsatu untuk pencegahan penularan corona virus. Vaksin itu kata dia harus seiring sejalan dengan protokol kesehatan (prokes) dan tetap pakai masker.

“Lanjut I Komang Krisna, dengan vaksinasi tersebut ada tiga kegunaannya,” jelas Juru Bicara Covid19 Lutra, Jumat (8/1/2021).

Pertama, mendapatkan vaksin sinovac, artinya mendapatkan perlindungan. Kedua, jika bisa semakin banyak vaksinasi sesuai sasaran 90% atau 100% akan muncul kekebalan kelompok. Hal ini akan melindungi kelompok lain, misalnya usia di bawah 18 tahun. Sebab vaksinasi usia tersebut belum bisa dilakukan.

“Ketiga tentunya vaksin memberikan perlindungan diri sendiri dan keluarga. Dengan vaksinasi corona virus, diri menjadi lebih siap, jika hadapi virus tersebut,” katanya lagi.

Edukasi ini, lanjutnya, melalui strategi komunikasi tepat sesuai sasaran serta dukungan dari kader kesehatan. Mereka yang akan menjelaskan tentang manfaat vaksin.
Sebenarnya untuk apa kita menolak untuk di vaksin?. Padahal vaksin diberikan/disuntik kedalam tubuh kita, supwya terbentuk kekebalan tubuh, terutama kebal pada corona virus.

Saat ini secara paralel, pemerintah tengah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi. Di antaranya memastikan rantai distribusi dan rantai cold chain untuk penyimpanan dan saat pelaksanaan tetap terjamin. Sehingga vaksin dari gudang yang dikirim ke seluruh Puskesmas bisa diterima.

Di Lutra kulkas penyimpanan sudah tersedia dan tak ganggu imunisasi rutin. Sudah0 dipastikan kesiapannya,” tukas I Komang Krisna seraya mengimbau supaya program pemerintsh untuk masyarakat kita sendiri tetap didukung, dan jangan mudah percaya berita informasi yang tidak jelas (hoaks) yang dapat mempengaruhi persepsi di masyarakat.(yus)

News Feed