oleh

Indah Putri Indriani Jajal Kapal Rakyat Bantuan Kemenhub di Pelabuhan Munte

Lepongannews – LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berkesempatan menjajal langsung Kapal Rakyat bantuan hibah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akhirnya berlabuh di Pelabuhan Munte Kecamatan Tanalili, Kamis (26/12/2019). Kapal rakyat ini juga sekaligus diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Luwu Utara tersebut.

Menariknya, kapal rakyat ini juga sudah dilengkapi dua ABK yang siap mengoperasikannya setiap saat. Ditemani salah seorang ABK, Bupati Indah Putri Indriani menakhodai kapal tersebut, dan membawa sekira 30-an orang penumpang. Meski tak lama, Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini mampu membawa para penumpang yang beberapa di antaranya adalah para Kepala Perangkat Daerah.

“Ini patut disyukuri karena Luwu Utara salah satu kabupaten yang mendapatkan atensi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan,” kata IDP di hadapan warga setempat. Indah berharap, kapal rakyat ini tidak menjadi barang rongsokan yang tak terpakai sama sekali. “Nikmat manalagi yang kita dustakan, pemerintah telah berbuat demi kepentingan masyarakat, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik,” ucapnya.

“Kapal rakyat ini adalah milik kita bersama dan akan kita inapkan di Dermaga Munte Kecamatan Tanalili. Walaupun nantinya banyak dermaga yang akan dilalui, tetapi kapal rakyat ini akan bermula dan berakhir di Dermaga Munte. Semoga hadirnya kapal ini dapat membantu bapak ibu semua,” jelas IDP yang diiringi applaus dari warga.

Sementara Kadis Perhubungan Abdul Hakim Bukara menyebutkan ada dua rute perjalanan yang rencananya akan dilalui kapal ini, yaitu Munte – Malangke – Palopo, serta Munte – Malangke – Tobaku Kolaka Utara. “Secara teknis kapal ini sudah layak berlabuh di dermaga-dermaga di berbagai tempat yang ada,” kata Hakim. Sekadar diketahui, kapal berkapasitas 38 – 40 penumpang ini juga dilengkapi dengan dua buah AC.

Pada kesempatan itu pula, IDP juga menyerahkan Kartu Kepesertaan Program JKK dan JKM bagi ABK. Turut hadir dalam acara Peresmian dan Ujicoba Kapal Rakyat ini, Kepala Dinas Perikanan Muharwan, kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Agussalim Lambong, Perwakilan Syahbandar Malili Komandan Pos TNI Angkatan Laut Munte Sulhaj, Camat Tanalili Isa Anshari, serta Perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan. (Jsm)

Komentar

News Feed