oleh

Ini Bantahan, Kadis Kesehatan Tana Toraja Mengenai Penyataan Salah Satu Media Online

LeponganNews.com.Tana Toraja–dr. Ria M Tanggo mengklarifikasi adanya pernyataan salah satu media online, yang menulis bahwa pasien yang terpapar covid-19 bisa berkeliaran asal memakai masker.

Hal itu saya nyatakan ngawur dan tidak benar ucap Ria Kadis Kesehatan Tana Toraja

Dijelaskan juga oleh dr.Ria M Tanggo bahwa berdasarkan pedoman penanganan covid-19 dari Kementrian Kesehatan, untuk pasien yang terkonfirmasi positif yg tidak bergejala atau bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.”ucap dr Ria.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa
Pasien yang terkonfirmasi melakukan isolasi mandiri dengan diawasi oleh satgas kecamatan/kelurahan/lembang dan membuat fakta integritas untuk tidak keluar rumah sampai dinyatakan selesai isolasi mandiri oleh puskesmas terdekat.
Jika gejala semakin berat maka wajib ditangani di Rumah sakit.

“Jadi pasien terkonfirmasi covid-19 tidak lagi  berkeliaran diluar rumah karena diawasi oleh satgas setempat.

Sebaiknya pasiennya juga tinggal di tempat terpisah dengan keluarganya yang sudah dinyatakan negatif, tetapi jika memang tidak ada tempat maka dikhususkan untuk tinggal di satu kamar dengan tidak berinteraksi dengan keluarga lainnya selama isolasi mandiri”.

Senada dengan  pendapat wakil ketua mobile satgas Covid -19  Crystal Rante Allo
Mengatakan bahwa mengenai masalah covid ini, saya kira keterlibatan semua masyarakat semua stekholder harus terlibat semua.

Jangan seolah- olah covid ini di serahkan ke satgas covid dan dinas Kesehatan, karena kesannya di lapangan begitu ada yang terkonfirmasi, oh itu urusannya kesehatan, itu urusannya satgas.

Cryatal rante allo berharap agar semua masyarkat mengambil peran serta dalam menangani Covid ini supaya covid ini cepat berlalu.

Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan satgas Covid 19.
Tetapi tanggung jawab seluruh masyarakat yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara.”pungkasnya.(Asry)

News Feed