oleh

Kapus Baebunta : Jangan Takut Divaksin

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Pemberian vaksin Corona mulai dilakukan, dimana Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1/2021) menjadi orang pertama yang divaksin bersama sejumlah pejabat negara dan selebriti Raffi Ahmad yang menjadi perwakilan generasi milenial.

Kegiatan pemberian vaksin kemudian berlanjut ke sejumlah daerah di Indonesia. Untuk Luwu Utara, Sulawesi Selatan dijadwalkan pada awal Februari 2021 dengan sasaran pertama petugas kesehatan dan pelayan publik.

Mengenai kesiapan Puskesmas Baebunta Kabupaten Luwu Utara, dalam melaksanakan vaksinasi Corona, Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, kepada media ini, Jumat (15/1/2021), menjelaskan pihak Puskesmas siap melaksanakan penyuntikan jika vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh Perusahaan BioFarmasi Sinovac Tiongkok telah didistribusikan ke Puskesmas.

” Vaksinator Puskesmas siap melaksanakan tugas, tinggal menunggu jadwal pelaksanaan dan dropping vaksin Sinovac.” jelas Hairul Muslimin yang juga pernah terpapar Corona Virus.

Terkait sasaran vaksinasi, lanjut Kapus Baebunta, untuk pemberian pertama menyasar petugas kesehatan, selanjutnya pelayan publik.

” Kami menunggu vaksinnya dulu, sasaran yang akan divaksinasi disesuaikan dengan jumlah vaksin yang diterima Puskesmas,” terangnya.

Saat ditanya terkait adanya pihak yang enggan divaksin, pria yang pernah dirawat karena terpapar Virus Corona ini menjelaskan pihaknya menghargai pendapat tiap orang, tapi Ia meminta pihak yang menolak vaksin itu untuk mencari informasi yang benar mengenai vaksin Corona pada sumber yang kredibel.

” Balai POM sudah menyatakan Vaksin Sinovac aman, MUI juga sudah mengeluarkan fatwa halal terhadap Vaksin itu. Jadi jangan takut divaksin,” kata alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas ini.

Pihaknya lebih lanjut menjelaskan kalau vaksinasi ini gratis, dan berharap dapat berjalan tanpa kendala.

” Vaksinasi dengan menggunakan CoronaVac buatan Sinovac dan vaksin lain yang sejenis yang akan digunakan kemudian, merupakan ikhtiar kita dalam memerangi Virus Corona. Tentunya kita berharap Pandemi segera berakhir atau berlalu dengan sejumlah upaya yang telah kita tempuh,” harap Hairul Muslimin yang pernah juga Kepala Puskesmas Kecamatan Sabbang.

Pihaknya terus mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dalam menanggulangi Covid-19.
Penetapan Protokol Kesehatan, sambung Hairul, seperti mempraktekkan secara konsisten Gerakan 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, tetap musti dilaksanakan disamping ikut vaksinasi.(yus)

News Feed