oleh

Melalui Penyebaran Informasi, Tim Influencer Siap Partisipasi Bangun Palopo

LEPONGANNEWS, PALOPO – Melalui bimbingan Teknis, Tim Penyebarluasan Informasi Penyelen ggaraan Pemerintah (Tim Influencer) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menggelar sosialisasi, membahas mengenai literasi konten dan digital. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Sabtu (13/2/2021) kemarin.

Tim Influencer menghadirkan pemateri dari Dinas Kominfo Palopo, yakni Kepala Seksi Pengembangan Sistem Teknologi Informatika, Ramlan, S.Kom, M.Si. Dalam kegiatan itu, dijelaskan beberapa hal yang penting untuk diketahui oleh seluruh tim influencer Pemkot Palopo, sehingga menjadi pilot project bagaimana menjadi informan yang cerdas dan kreatif.

Kepala Seksi Pengembangan Sistem Teknologi Informatika Dinas Kominfo Palopo, Ramlan, S.Kom, M.Si, mengatakan, kabar atau informasi merupakan kumpulan pesan atau ekspresi atau ucapan, yang terdiri atas makna yang ditafsirkan dari pesan. Sehingga informasi dapat direkam atau di transmisikan, yang dapat memberikan wawasan dari hasil pengajaran, pengalaman atau instruksi. Secara umum berhubungan erat dengan konsep konten pesan yang memiliki arti, pengetahuan, pendapat, kebenaran, representasi, negentropy, stimulus atau komunikasi.

“Terkait dengan hal ini, Tim Influencer akan menjadi tim yang menyebarluaskan informasi penyelenggaraan Pemkot Palopo yang benar dan anti hoax,” ungkap Ramlan pada media ini, Minggu 14 Februari 2021.

Untuk itu, Ramlan mengatakan, bahwa betapa pentingnya literasi atau edukasi untuk masyarakat di media sosial dan literasi melalui digital, sebab saat ini semua sudah mengarah ke digitalisasi.

“Hendaklah berhati-hati menggunakan media digital, terutama media sosial karena jejak digital itu tak dapat terhapus, yang sewaktu-waktu bisa jadi bumerang bagi kita, pelajari sebenar-benarnya konten sebelum disebarkan. Ada alat untuk mendeteksi jejak digital tersebut, mari kita turut membangun Palopo dengan menginformasikan hal-hal yang baik dan benar, itu kita sudah ikut membangun kota Palopo,” jelasnya.

Turut memberikan arahan dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Aspirasi Opini Publik, Rahman Tambi Kahar, dan Asmar, salah satu koordinator tim Influencer Palopo, hadir pula jajaran dan staf Diskominfo Palopo. (yus/ben).

News Feed