oleh

Menghadapi Musim Hujan Di Desember 2020, Masyarakat Rano Timur Berswadaya Memperbaiki Akses Jalan Masuk Lembang Rumandan

LeponganNews.com, Tana Toraja – Dalam Rangkan menyambut natal dan tahu baru 2021 yang biasanya diawali dengan musim hujan”. Warga Rano Timur berswadaya memperbaikiΤ akses jalan penghubung antara Rano Timur dengan Lembang Rumandan.

Diketahui jalan tersebut masih berada di wilayah Lembang Rumandan. Informasi dari warga setempat, jalan tersebut sangat susah dilalui kendaraan saat musim hujan.

“Saat musim hujan jalanan ini sama sekali tidak bisa di lewati oleh kendaraan roda 4 maupun roda 2 karena jalan licin dan tanjakan ekstrim yg sangat membahayakan bagi pengemudi kendaran apabila dipaksakan”, tutur Pardi salah seorang tokoh pemuda Rano Timur, Sabtu 12 Desember 2020.

Adapun perbaikan jalan dilakukan selama dua hari (10-11/12) dilaksanakan pembangunan rabat beton kurang lebih 20 meter yang dilakukan di titik tertentu.

Jalan ini adalah akses jalan utama penghubung antara Lembang Rumandan denga Rano Timur.

Pardi menambahkan, apabila jalan ini bagus, maka roda perputaran ekonomi akan semakin cepat dan hasil bumi seperti kopi dan sayur-sayuran akan mudah disalurkan ke daerah-daerah lain, dipasarkan tanpa melewati jalan yang rusak, cetus Pardi.

“Kami berharap kepada pemerintah Lembang Rumandan agar bisa menggelontorkan dana Lembang di tahun 2021 ke titik ini yang hanya tersisa kurang lebih 300 meter, agar coran bisa tersambung antara Rano Timur dengan Rumandan.

Pekerjaan jalan sangat sangat di sambut antusias oleh masyakat setempat semuanya terlibat mulai dari anak-anak, ibu-ibu sampai orang tua.

Dana untuk material pun di Swadaya langsung oleh Warga Rano Timur yang rindu perbaikan akses. (Asry)

News Feed