oleh

Paskah Membawa Hidup Baru Bagi Umat Manusia

LEPONGANNEWS, LUTRA – Moment Kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut mengalahkan kematian, untuk memberi kekuatan dan menguatkan solidaritas sosial, membantu yang lemah ditengah keprihatinan masyarakat menghadapi pandemi corona virus yang belum meredah.

Umat Gereja Stasi Santo Antonius Pangalli Paroki Sitti Maryam Saluampak Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara mengikuti Misa Perayaan Paskah. Perayaan Paskah bagi umat Kristiani adalah untuk memperingati Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dari kematian yang telah mengalahkan maut.

Perayaan Paskah/Kebangkitan Yesus Kristus tiga hari bangkit dari kematian, mulai Yesus Wafat dibunuh pada Jumat Agung, merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus dan dalam hidup pengikut-pengikut Yesus pada era ini. Perayaan Paskah ini juga dinamakan Minggu Paskah, hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan.

Pastor Alex Palino, MSC dalam khotbahnya mengatakan, bahwa Paskah ditengah situasi bangsa yang bergolak melawan pandemi Corona Virus dan teroris adalah “Paskah Membawa Hidup Baru Bagi Manusia,” arti dari hidup baru adalah Kebangkitan Kristus membawa suatu pembebasan hidup. Melalui kebangkitan Kristus kita diberikan kebebasan untuk mendeskripsikan Iman kita, Iman dari pada Allah Yang Hidup bukan dari yang telah Mati.

“Kita sebagai manusia terkadang tidak bebas untuk menunjukkan Iman kita kepada Allah, karena memang kita suka terganggu dengan pikiran-pikiran, bahkan penyembahan-penyembahan pada yang sudah mati dan jika kita melakukan penyembahan seperti itu, artinya kita sedang mengingkari Kuasa Tuhan di dalam hidup kita, pada saat yang sama pula kita sedang meragukan Kasih Allah yang mampu menolong kita keluar dari pergumulan-pergumulan hidup,” terang Pastor Alex.

Selanjutnya Pastor Alex juga menambahkan, bahwa perubahan dan pengakuan hidup menjadi hal terpenting bagi peristiwa Paskah, Kebangkitan Yesus Kristus memanggil kita untuk memaknai peristiwa Paskah ini dengan langkah-langkah yang seharusnya, bertekun untuk memahami kata Firman dalam Kitab Suci/Alkitab/Injil pegang kata Firman itu, hidup percaya dan taat kepada Firman, dan pada akhirnya kepercayaan itu memanggil kita semua untuk menjadi saksi bahwa Yesus telah bangkit bagi kita semua umatNya.(megasari/yus).

News Feed