oleh

PELATIHAN CALON PETUGAS SURVEI Sosial Ekonomi Nasional Maret 2020.

Lepongannews.com – Toraja Utara, Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan kegiatan pelatihan ” Calon Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2020 ” , yang di laksakan dalam 2 (dua) gelombang bertempat di Heritage Hotel Rantepao.

Kegiatan tersebut untuk gelombang 1( pertama) tanggal 23 – 25/1/2020 peserta 26 orang, dan gelombang ke 2 (dua) tanggal 27-29/1/2020 peserta 25 orang, yang terdiri dari Mitra, Mitra KSK, Organik, Instruktur dan Panitia.

Pelatihan Calon Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2020, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toraja Utara J. Matasik, SE, menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi.

J. Matasik, SE dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini tentu sangat penting, karena merupakan suatu tahapan dalam persiapan kegiatan susenas 2020 yang bertujuan untuk melatih petugas yang berkwalitas dan siap tugas pada pencacahan di lapangan nantinya.

Pada Acara Pencanangan SP2020 Presiden RI di Istana Negara menyatakan ;
Data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan,Untuk membuat keputusan yang tepat dan untuk eksekusi yang tepat sasaran.

Selanjutnya kata J. Matasik, target Pembangunan Nasional mengunakan 3 dari 4 data susenas yaitu, Kemiskinan, Gini Ratio, Indeks Pembangunan Manusia ( IPM)

Kemudian Indikator TPB Indonasia yang di hasilkan dari susenas mendukung 5 dari 7 agenda Pembangunan RPJM 2020- 2024 : Memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkwalitas, Mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, Meningjatkan SDM berkualitas dan berdaya saing , Revolusi mental fan Pembangunan Kebudayaan dan Memperkuat Infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Lanjut J. Matasik, contoh lain pemamfaatan Data Susenas ; Indeks Pembangunan Pemuda, Kegiatan Bapenas, dan BPS sebagai tim, Indeks Pembangunan Kebudayaan, Kegiatan kerjasama Kemendikbud,Bapenas dan BPS.

Kunci, J. Matasik, SE.. ( fred )

News Feed