oleh

Pesawat Perintis Susi Air Kargo Terbang Perdana, Dua Rute Layani Daerah Palu dan Ampana  

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Andi Djemma Masamba, Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan mulai mengoperasikan penerbangan perdana perintis Susi Air dan Cargo, Senin 04 Januari 2021.

Penerbangan perdana ini menggunakan pesawat Susi Air.

Pesawat mengangkut barang dan bahan kebutuhan pokok masyarakat di daerah atau wilayah pegunungan yang akses jalan daratnya belum memadai, seperti Kecamatan Seko dan Rampi serta Palu, Ampana dan Seko-Toraja.

Pesawat Susi Air/cargo mengudara pagi pukul 09.00 Wita dengan rute penerbangan Masamba–Seko dan Masamba–Rampi serta 2 (dua) rute sehari.

Beroperasinya kembali penerbangan perdana pesawat Susi Air dan Cargo ini disyukuri Pemerintah Kabupaten Luwu Utara karena bisa melayani warga di pedalaman.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas penerbangan pesawat perintis Susi Air dan Cargo untuk melayani masyarakat. Semoga dengan kehadirannya bisa bermanfaat bagi masyarakat kami di Seko dan Rampi, karena dengan beroperaasinya pesawat Susi Air dan Cargo ini akan mendorong terbukanya kantong-kantong produksi di Kecamatan Seko dan Rampi, ” kata Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat menghadiri penerbangan perdana di Bandara Andi Djemma Masamba.

Indah juga mengucapkan terimakasih dan bersyukur, karena penerbangan subsidi angkutan perintis Cargo, tetap melayani dua rute penerbangan Masamba-Rampi dan Masamba Seko, serta Seko-Palu dan Seko-Ampana, Seko-Toraja.

Sementara Kepala UPBU Andi Djemma yang baru dilantik 20 November 2020 lalu, Ahmad Syaifuddin, ST, menyebutkan, penerbangan perdana pesawat Susi Air/kargo 2021dilakukan di awal Januari guna merespon apa yang ditekankan Presiden Jokowi yang menginginkan semua kegiatan perhubungan udara dilakukan secara cepat.

“Alhamdulillah, tahun ini kami lebih cepat beroperasi dibanding tahun-tahun sebelumnya, semoga seterusnya berjalan lancar,” ucap Ahmad Syaifuddin.

Kepala UPBU Andi Djemma Ahmad Syaifuddin mengharapkan kedepannya cita-cita kami bisa selaras denfan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, setelah adanya perpanpanjangan runway(landasa pacu) dan setelah diverifikasi oleh Direktorat Bandar Udara, kami bisa menghadirkan pesawat sedikit lebih besar yang akan melayani warga Luwu Utara-Makassar. Doakan semoga secepatnya selesai dan terpenuhi,”tandas Kepala UPBU Andi Djemma Masamba. (yus)

News Feed