oleh

Polres Tana Toraja Laksanakan Apel Gelar Pasukan, Menandai Dimulainya Ops Lilin 2020 Secara Resmi.

 

LeponganNews -Tana Toraja — Dalam rangka Menyongsong Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Tana Toraja gelar Ops Lilin 2020, yang dikukuhkan pelaksanaannya secara resmi melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020 yang dilaksanakan di Plaza Kolam Makale, tepatnya di depan Pos Lantas Makale, Jl. Jend. Sudirman, Makale, Kab. Tana Toraja. Senin (21/12/2020).

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020 kali ini mengusung tema ” Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 Ditengah Pandemi Covid -19.

Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, bertindak langsung sebagai Pimpinan Apel, dan Selaku Komandan Apel di Amanahkan kepada Ipda Sette Marrung.

Apel Gelar Pasukan ini di ikuti oleh, 1 Peleton barisan Perwira Polres Tana Toraja, 1 Peleton dari Personil Kodim 1414 / Tator, 4 Peleton Personil Polres Tana Toraja pelaksana Ops Lilin, 1 Peleton dari Sat Pol. PP, 1 Peleton gabungan Dishub dan dinas Kesehatan.

Tamu undangan yang menghadiri sebagai berikut :
– Kajari Makale, Jefri P. Makapedua, SH
– Waka Polres Tana Toraja, Kompol Jacob Lobo SH, MH.
– PJU Polres Tana Toraja.
– Danramil 01 Makale, mewakili Dandim 1414 / Tator
– Direktur Utama PLN Tana Toraja
– Kepala BMKG Tana Toraja
– Kadis Perhubungan, Army Lenggo
– Kepala Kesbangpol, Alipius Tandiarrang
– Yang Mewakili Kasat Pol. PP.

Sebelum membacakan amanat Kapolri, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, menyematkan pita merah kepada 4 personil perwakilan pelaksana Ops Lilin Lipu 2020, yang terdiri dari 1 Perwakilan Personil Polri, 1 Personil TNI, 1 Personil Sat Pol. PP dan 1 Personil Dishub.

Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH yang bertindak selaku Pimpinan Apel Gelar Pasukan, membacakan amanat seragam dari Kapolri, Jend. Polisi. Drs. Idham Azis, M.Si, yang perlu dipedomani oleh personil guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, sebagai berikut :

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal tahun 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan Body System,

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional , serta bertindaklah secara tegas dan humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

6. Mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat, demi keberhasilan pelaksanaan operasi,

7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, cegah penyebaran covid-19, yaitu dengan mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Perlu diketahui, Dalam melaksanakan
Ops Lilin 2020 di tengah pandemi Covid -19, Polres Tana Toraja melibatkan sedikitnya 150 personil gabungan, dengan menargetkan 4 capaian sasaran, yaitu :
– Mengamankan Natal 2020 dan tahun baru 2021.
– Mengamankan Arus Mudik / Balik
– Menekan Penyebaran Covid -19
– Mengamankan Obyek Vital dan Obyek Wisata Prioritas.

Pada pelaksanaannya, Polres Tana Toraja menempatkan 1 Pos Terpadu, 1 Pos Pelayanan, dan 5 Pos Pengamanan, yaitu :
– Pos Terpadu yang ditempatkan di Pos Lantas Makale.
– Pos Pelayanan yang ditempatkan di Terminal Makale.
– Pos Pengamanan yang ditempatkan di Perbatasan Salubarani ( Perbatasan Tator – Enrekang ).
– Pos Pengamanan yang ditempatkan di Perbatasan Rantelemo ( Perbatasan Tator – Toraja Utara ).
– Pos Pengamanan yang ditempatkan di Bandara Toraja Airport.
– Pos Pengamanan yang ditempatkan di Obyek Wisata Burake.
– Pos Pengamanan yang ditempatkan di Obyek Pango Pango.

Ops Lilin 2020 ini secara serentak di laksanakan seluruh wilayah Republik Indonesia, terhitung pelaksanaan operasi mulai tanggal 21 Des 2020 s.d 4 Jan 2021.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja.(Asry)

Komentar

News Feed