oleh

PPS dan KPPS Ikuti Bimtek Tungsura

 

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) di aula pasar tradisional Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan tiga Desa yakni Desa Dandang, Kampung Baru dan Desa Kalotok (26/11/2020).

Kegiatan ini diikuti seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 10 Desa, dan empat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dari tiga Desa di Kecamatan Sabbang Selatan.

“Total ada 80 PPS dan KPPS yang mengikuti bimtek ini,” kata Komisioner KPU Lutra Rahmat.

Materi yang disampaikan antara lain proses pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Kemudian rekapitulasi suara di PPK, tanda pemberian suara sah dan tidak sah pada surat suara, hingga kebijakan umum pemungutan dan penghitungan suara.

“Pelibatan Panwaslu Kecamatan dalam bimtek ini penting agar ada pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan pemilu, baik dari sisi pelaksanaan maupun pengawasan sampai di tingkat penyelenggara paling bawah,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan simulasi penghitungan dan rekapitulasi suara, serta pengisian formulir Model C dan C1. Formulir Model C adalah berita acara pemungutan dan penghitungan suara. Sedangkan formulir Model C1 adalah sertifikat hasil penghitungan suara.

“Simulasi dibuat senyata mungkin, sesuai keadaan sebenarnya, mulai dari layout ruangan, perlengkapan yang digunakan, hingga ukuran kertas untuk penghitungan dan rekapitulasi suara. Sehingga pola pikir PPK dan PPS serta KPPS lebih terarah serta bisa mendapat gambaran langsung seluruh proses penghitungan dan rekapitulasi suara,” ujarnya.

KPU Lutra akan mengevaluasi seluruh hasil bimtek. Tujuannya untuk memfokuskan lagi materi atau simulasi yang perlu ditekankan untuk bimtek berikutnya. Sehingga PPK, PPS serta KPPS memiliki pemahaman yang utuh untuk meneruskan bimtek nantinya di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Dengan adanya pemahaman yang utuh tentang pelaksanaan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara, kami berharap pelaksanaan pemilu 2020 di Kabupaten Lutra bisa semakin lancar dan lebih baik lagi,” tandas Rahmat.(yus)

News Feed