oleh

Rapat Musrenbang Kecamatan Rindingallo, Dihadiri Anggota DPRD Sulsel Dan Torut Dari Fraksi Partai Demokrat

Lowongan News– Toraja Utara- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Kecamatan Rindingallo dihadiri sejumlah stakeholder lingkup Pemkab Toraja Utara dan Anggota DPRD Kab. Toraja Utara Dapil V, sabtu 13 Februari 2021.

Membuka kegiatan Musrenbang, Plt. Camat Rindingallo Andarias Taruklinggi’ mengatakan setelah menerima usulan dari para kepala lembang/kelurahan di kecamatan Rindingallo didominasi berbagai usulan skala prioritas meliputi pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan rumah dinas bagi guru, pembangunan jalan tani, pembenahan puskesmas di Kec. Rindingallo, peningkatan SDM di tenaga kesehatan dan guru dan berbagai sektor lainnya”, kata Camat Rindingallo.

“Dihimbau kepada para kepala lembang/kelurahan agar usulan yang diberikan dalam kegiatan Musrenbang berdasarkan program skala prioritas mengingat keterbatasan anggaran dan kegiatan yang sudah dianggarkan melalui dana desa / dana lembang tidak perlu dianggarkan lagi dalam usulan Musrenbang”, jelas Andarias Taruklinggi’

Mendengar hal itu, Anggota DPRD Kab. Toraja Utara Fraksi Demokrat Dapil V Agus Tuku Sarira mengatakan “usulan dari kegiatan Musrenbang di tingkat lembang yang dibahas di Musrenbang Kecamatan Rindingallo tentu dalam waktu dekat ini selaku wakil rakyat akan diupayakan untuk masuk dalam pokok pikiran (pokir) DPRD usai melaksanakan masa sidang reses yang akan digelar dalam waktu dekat ini”, kata Agus Tuku Sarira.

Senada yang diutarakan oleh Agus Tuku Sarira, Samuel Matasak Fraksi PDIP Dapil V menuturkan “melihat kondisi jalan penghubung di kecamatan rindinggalo membutuhkan perhatian khusus dan tentu ini menjadi skala prioritas usulan untuk Pemkab Toraja Utara sebab kondisinya hingga saat ini sungguh memprihatinkan “, ucap Samuel Matasak.

“Melihat kondisi keuangan daerah tentu usulan yang dibahas di Musrenbang adalah program prioritas di masing-masing lembang/kelurahan di kecamatan rindinggallo yang nantinya akan dibahas di tingkat Musrenbang Kabupaten”, jelas Samuel Matasak.

Kabar gembira juga disampaikan oleh Kepala UPTD PUPR Wilayah II Provinsi Sulsel meliputi (Kab. Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara) Kristian Sampebua disampaikan dalam kegiatan Musrenbang Kec. Rindingallo bahwa “untuk tahun ini progress pembangunan jalan poros provinsi dari Kota Rantepao melewati Kec. Tikala, Kec. Kapalapitu hingga menuju Kota Pangala’ Kec. Rindingallo hingga ke perbatasan Mamuju akan dituntaskan di tahun 2021 dengan bantuan dana sebesar Rp. 112 Milyar yang dibagi menjadi dua tahap yaitu anggaran dari APBD Provinsi sebesar Rp.58 Milyar target 11 KM jalan dan hibah dari Pemerintah Australia sebesar Rp.54 Milyar untuk pembangunan jalan provinsi sepanjang 13 KM, kata Kristian Sampebua dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Rindingallo.

Dalam kegiatan itu dihadiri juga anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fraksi Demokrat Jufri Sambara, S. Sos.,MM, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yanice Palungan, Kadis Ketahanan Pangan Torut Barnetje S. Toban, Kepala Bidang Litbang Bappeda Toraja Utara, Rimba Sampetoding,SE., MM, para Kepala Lembang dan Lurah Se Kecamatan Rindingallo serta perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Perwakilan Dinas Pertanian.(*)

 

News Feed