oleh

Saoraja Kerajaan Bone Terbakar

Kondisi rumah adat kerajaan Bone usai terbakar

LEPONGANNEWS, SULSEL – Kebakaran melanda rumah adat atau Saoraja atau Bola Soba Kerajaan Bone, di Jalan Latenritatta, Kecamatan Watampone, Kabupaten Bone Sulawesu Selatan (Sulsel).

Kebakaran itu terjadi pada dini hari sekira pukul 02.30 Wita. Rumah Adat Kerjaan Bone yang terbakar.

ujar Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Bone, Andi Akbar pada media ini via WhatsApp, Sabtu 20 Maret 2021 sore.
” Menurut Andi Akbar, Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Bone, hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran itu dan kami pihak pemadam kebakaran menerjunkan enam unit armada dan 70 personel,” ucapnya.

” Sementara Sarjan warga setempat mengatakan sumber api, dalam proses investigasi api diduga berasal dari bagian belakang Rumah Adat. Mengingat percikan api memudahkan dan rentan menyulut dan menghanguskan rumah bersejarah di Kabupaten Bone Sulsel,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka. Hanya yang tersisa usai kebakaran yakni bagian tiang rumah saja serta sisi depan yang kayunya berasal dari kayu tempo doloe/dulu serta kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Dan kebakaran Saoraja penyebabnya diserahkan ke kepolisian untuk menyelidiki. (rus/yus)

News Feed