oleh

Sudah 3 Orang Positif Covid-19 di Tana Toraja, Ini Kronologi Perjalanan

Sudah 3 Orang Positif Covid-19 di Tana Toraja, Ini Kronologi Perjalanan

Lepongan News, Tana Toraja,— 
Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tana Toraja resmi mengumumkan kasus ke-3 positif Covid-19, Selasa, 21 April 2020 malam. Pasien tersebut berusia 63 tahun, warga Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, sebelumnya pernah menghadiri seminar keagamaan di Hotel Lembang Asri, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, di awal Maret 2020 yang lalu.

Dari sekian peserta seminar keagamaan, ratusan orang diantaranya dinyatakan positif tertular Covid-19 yang dikenal dengan Cluster Lembang. Istilah Cluster Lembang ini pertama kali dikatakan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ketika mengumumkan 226 kasus positif Covid-19 dari Cluster Lembang, Jumat, 3 April 2020 yang lalu.

Berdasarkan kronologi dan hasil tracking yang dilakukan Satgas Covid-19 Tana Toraja, pasien ketiga ini memiliki riwayat perjalanan ke Bandung, Jawa Barat, awal Maret 2020 lalu untuk menghadiri seminar keagamaan di Hotel Lembang Asri, Kabupaten Bandung Barat.

Pasien ini juga sebelumnya sempat di rawat di RS Sinar Kasih Makale pada tanggal 21 sampai 27 Maret 2020 dengan keluhan sakit maag, hipertensi, dan badan lemas.

Di tanggal 16 April 2020, pasien ke 03 ini menjalani rapid test dan dinyatakan positif. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel Swab pada tanggal 18 April 2020. Sampel Swab lalu dikirim ke Makassar bersama 16 sampel lainnya dengan rincian 7 sampel orang positif rapid dan 10 sampel OTG (Orang Tanpa Gejala). 10 sampel OTG ini merupakan sampel dari orang yang kontak langsung dengan pasien pertama.

Direktur RSUD Lakipadada, dr Syafari Mangopo dalam penjelasannya mengatakan, pasien ketiga yang terkonfirmasi positif ini punya riwayat bepergian dan berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa, 21 April 2020 sore. (hta).

News Feed