oleh

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Pemda-Polri/Brimob-TNI Lutra Antisipasi Bencana

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Polri/Brimob Baebunta dan Kodim 1403 Sawerigading menggelar apel siaga bencana, Minggu (15/11/2020).

Apel gelar pasukan guna memastikan perlengkapan serta kesiapsiagaan Tim Gabungan dalam rangka persiapan penanggulangan bencana alam tahun 2020.

Apel dilaksanakan di halaman Mako Polres Lutra, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba. Dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Pjs Bupati Lutra Muh Iqbal Suhaeb Samad didampingi Kasat Sabhara Polres Lutra AKP Abu Bakar Salihi sebagai Perwira Apel dan KBO Satuan Reskrim Ipda Tadius sebagai Komandan Apel.

Apel juga diikuti Polres Lutra Polda Sulsel, TNI 1403 Sawerigading, Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Baebunta, Satuan Intelkam, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Lutra, kesemuanya satu peleton.

Pjs Bupati Luwu Utara, Muh Iqbal Suhaeb Samad dalam sambutannya menyebutkan, dalam rangka mengantisipasi potensi bencana alam, kesiapan personil serta perlengkapan tim gabungan merupakan sebuah kekuatan, baik ditingkat kabupaten hingga kecamatan dapat difungsikan secara penuh.

“Kita sadar bahwa bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, siang ataupun malam, pagi maupun petang. Melalui upaya seperti ini diharapkan dapat diminimalisir timbulnya kerugian yang lebih besar akibat bencana, baik timbulnya korban jiwa maupun material,” sebut Iqbal Suhaeb.

Mencermati ancaman itu Pemda, Polri dan TNI serta seluruh instansi terkait dituntut selalu tanggap dan sinergi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi dan merumuskan langkah-langkah proaktif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana dan dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

Kemudian, Pjs Bupati Luwu Utara yang dijuluki Bumi Lamaranginang, Iqbal Suhaeb Samad berharap kepada seluruh Camat bersama Kapolsek dan Danramil agar selalu mengupdate peta rawan bencana, menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi yang ada di tiap-tiap wilayah kerjanya masing-masing.

Apel gabungan dalam rangka siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Bumi Lamaranginang dijadikan sebagai momen tolak ukur kegiatan tahun sebelumnya sehingga kegiatan tahun 2020 bisa lebih maksimal.

Sekadar diketahui, hadir dalam apel tersebut, Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin, Kalaksa BPBD Muslim Muhtar, Perwira Penghubung (Pabung) 1403 Sawerigading Mayor Arm Syafaruddin, Wakapolres Kompol H. Amir Majid, Ketua PMI Alauddin Sukri, Sekertaris Satpol PP dan Damkar Syamsul Alam serta para Kabag Polres Lutra.

Sementara itu juga Pjs Bupati Lutra bersama Kapolres melakukan pengecekan peralatan SAR dan Kendaraan Dinas.(yus).

Komentar

News Feed