oleh

Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Baebunta, 69 Nakes Sudah Disuntik Vaksin Sinovac

LEPONGANNEWS, LUTRA – Pemberian Vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Baebunta Kabupaten Luwu Utara sudah 69 orang untuk penyuntikan pertama dan 9 orang untuk penyuntikan kedua.

Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, saat ditemui media ini, Jumat 19 Februari 2021 mengatakan, tenaga kesehatan yang mengikuti Vaksinasi Covid-19 tersebut telah melewati tahap screening dan pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik Vaksin Sinovac.

Ia menyebut angka capaian akan terus bertambah, mengingat penyuntikan Vaksin Covid-19 akan terus dilakukan di puskesmasnya.
“Tenaga kesehatan yang sebelumnya tertunda menerima suntikan vaksin Covid-19 karena masalah kesehatan, akan diberikan saat yang bersangkutan telah sehat,” ungkap Hairul Muslimin.

Saat ditanya soal jadwal penyuntikan Vaksin Covid-19 tahap kedua kepada selain tenaga kesehatan, Ia memberikan keterangan bahwa akan dilakukan setelah ada instruksi dan distribusi Vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara.

“Kita tunggu instruksi dari pimpinan saja. Vaksinnya juga belum didistribusikan. Jadi mohon bersabar,” ucap Kapus Baebunta.

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua, seperti banyak disebut di media, akan diberikan kepada sasaran meliputi ASN, TNI, Polri, Guru, Aparat Pemerintah, Pelayan Publik seperti pedagang pasar, dan Kelompok Lanjut Usia.

Hairul Muslimin menyebut Vaksinasi Covid-19 tahap kedua membutuhkan persiapan yang lebih matang, mengingat sasaran Penyuntikan Vaksin Covid-19 tahap ini lebih banyak dibanding sasaran pada tahap pertama. “Butuh persiapan tempat pelayanan yang memadai, jumlah vaksinator yang akan melakukan penyuntikan sepertinya harus ditambah juga. Demikian halnya jumlah vaksin yang harus disiapkan, tentu akan lebih banyak,” terangnya.

Pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat bagi suksesnya program Vaksinasi Covid-19.

Menurut Hairul Muslimin, partisipasi aktif dari sasaran yang telah ditentukan dalam tahapan Vaksinasi Covid-19 menjadi kunci penentu dalam menciptakan kekebalan masyarakat (herd immunity), dan dalam upaya melawan Virus Corona yang telah lebih setahun terakhir ini menjadi momok masyarakat.(min/yus)

News Feed