oleh

9 Siswa UCMAS Toraja, Ikuti Olimpiade Internasional Kuala Lumpur

-News-132 views

Lepongannews.com-Toraja – Sembilan siswa Universal Concept of Mental Arithmetic System (UCMAS) asal Toraja Utara akan mewakili Indonesia Ikut Olimpiade Internasional di Malaysia Kuala Lumpur, pada tanggal 3 sampai 4 Desember 2023.

Owner UCMAS TORAJA, Drs Linus Bua’

Siswa yang tergabung dalam UCMAS TORAJA Sulawesi Selatan akan kemñbali mengharumkan nama Toraja Utara Sulawesi Selatan (Sulsel) bahkan Indonesia di ajang Olimpiade Aritmetika UCMAS Internasional di Malaysia pada Desember yang akan datang. Ke-8 siswa yang diutus semuanya menunjukkan prestasi yang luar biasa dan satu diantara siswa UCMAS TORAJA yang meraih Champions (juara pertama) di olimpiade Aritmetika nasional di Semarang baru-baru ini.

“Dia itu atas nama Vioneta Achiera Linggi dari Sekolah Dasar (SD) Lentera Harapan Rantepao Kabupaten Toraja Utara,” sebut Drs Linus Bua’ Owner UCMAS Toraja pada media ini, Senin 13 November 2023.

Owner UCMAS Toraja, Linus mengatakan bahwa di UCMAS TORAJA cara belajar dan latihannya tersebut memang mulai dari pengenalan sempoa, setelah itu ada beberapa trik mulai dari bagaimana cara menghitung dengan melibatkan 2 tangan 6 jari karena pada ujung jari manusia terdapat simpul saraf yang langsung berhubungan dengan otak. Hal inilah yang membuat otak kanan dan kiri bekerja sehingga perhitungan angka bayangan bisa didapat.

“Kita memberikan pelatihan konsentrasi dengan memberikan soal deretan angka-angka, usia yang bagus untuk melatih menghitung sempoa itu sejak usia 4 hingga 12 tahun,” ungkapnya, seraya menambahkan bahwa UCMAS sebagai jagonya sempoa adalah pelopor sempoa 2 tangan 6 jari yang sudah tersebar di 86 Negara di samping itu juga terdapat ABACUS yang lain dengan menggunakan 1 tangan 2 jari,” terangnya.

Lanjut Linus sapaan akrabnya Owner UCMAS TORAJA menjelaskan bahwa, setiap olimpiade pasti ada tantangan tersendiri, ada tingkat kesulitan masing-masing. Tetapi kalau sering berlatih dan sudah terbiasa latihan maka pasti mudah menjawabnya.

“Target siswa saya memang minimal 95 baris soal harus bisa dikuasai sebelum olimpiade internasional nanti,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa UCMAS Toraja mengirimkan 8 siswanya di tanggal 27 Agustus 2023. Kedelapan siswa kami dari Toraja Utara memperlihatkan prestasi yang luar biasa. Dan dari SD Lentera Harapan Rantepao, Vioneta Achiera Linggi meraih champion juara satu dalam olimpiade Aritmetika Nasional di Semarang.

Pada Olimpiade Nasional yang lalu UCMAS Toraja mengirimkan 8 siswanya yakni, Gabriel Leo Araret, Thania Adrella Muka dan Athalia Fabiola ketiganya ini dari SD Katolik Rantepao. Mikael Gavin Palumpun, Kinaako Angelieta, Aerlyn Belanja Gala, ketiganya dari SD Kristen 5 Rantepao. Vioneta Achiera Linggi’ dari SD Lentera Harapan dan Deodatus Casey Gusmao dari SD Paku Makale.

Linus juga menambahkan bahwa UCMAS adalah murni sempoa (bukan sempoa matematika) pada materi pembelajarannya dapat menyentuh aspek audio, visual, dan kinestetik belajar anak yang pada akhirnya menghasilkan anak yang mempunyai memori yang kuat, konsentrasi, imaginasi, kreativitas dan kepercayaan diri yang bagus. Siswa UCMAS kadang juga dijuluki manusia kalkulator karena kecepatannya dalam menyelesaikan soal Aritmetika (tambah, kurang, kali, bagi) dengan cepat bahkan 3 kali lebih cepat dari Kalkulator.

Sekadar diketahui bahwa ini nama-nama nantinya yang ikuti olimpiade internasinal di Kuala Lumpur Malaysia pada 3-4 Desember 2023 yakni, Aelredus Anugrah Pranata, Aerlyn Bellvania Gala, Anastasya Marlin, Deodatus Casey Gusmao, Gabriel Achiera Linggi, Mikael Gavin Palumpun, Napoleon Lionel Paseranan dan Miracle Nadine.

Pewarta: Mega/Yustus

Komentar