oleh

Canangkan Kampung Pancasila di Uluwai Batas Kabupaten Enrekang, Ini Dilakukan Dandim 1414 Tana Toraja

-News-1 views

LEPONGANNEWS, TORAJA – Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, tujuannya untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga, supaya mengingat dan melaksanakan kembali apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1414/Tana Toraja, Letkol Inf Monfi Ade Chandra pada media ini, Minggu 4 September 2022 bahwa, di Lembang (Desa) Uluwai ternyata afa beberapa yang menarik deperti alam eksotik yang banyak menampilkan pesona yang menarikm untuk Lembang/Desa Wisata dan tujuannya tentu untuk kesejahteraan warga secara umum.

Untuk itu, lanjutnya, pembinaan harus terus dilakukan, salah satunya adalah dengan pembentukan Kampung atau Lembang Pancasila. Sebab di desa/lembang masyarakatnya begitu beragam.

“Sehingga apabila tidak dibina dengan baik, dikhawatirkan ada oknum yang ingin memecah belah, akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga,” jelasnya Dandim.

Letkol Inf Monfi Ade Chandra mengungkapkan bahwa, pihaknya mengapresiasi atas inisiatif Pemerintah Desa/Lembang Uluwai Kecamatan Mengkendek Tana Toraja yang sudah berinsiatif mengajukan diri sebagai Lembang Pancasila.

“Pancasila adalah Dasar Negara kita, jadi harus kita jaga dan pertahankan. Pancasila tidak hanya sebatas kita hafalkan saja, tetapi harus kita amalkan nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Ini demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” sebutnya.

“Hari iti kita resmikan Lembang Uluwai di
Kecamatan Mengkendek sebagai Kampung Pancasila.

Dengan diresmikannya Kampung Pancasila ini, Dandim berharap, warga bisa hidup berdampingan secara rukun damai, aman dan tentram, demi untuk kemajuan desa/lembang.

“ Dengan pencanangan tersebut, masyarakat semakin mendalami dan mengamalkan nilai nilai Pancasila. Sehingga semakin mempererat persatuan dan kesatuan,” jelas Monfi.

Sekedar diketahui Dandim 1414 Tana Toraja bersama masyarakat pemerintah desa akan membuka Lembang Wisata.
Dandim juga akan membuka event lomba pancing dalam rangka HUT TNI tahun 2022.(megasari/yus)

Komentar