oleh

TP CUSS Saluampak, Haruskan Anggota Ikuti Edukasi Literasi Keuangan

-News-23 views

Lepongannews.com-Luwu Raya – Staf Pendidikan Latihan (Diklat) Tempat Pelayanan Credit Union Sauan Sibarrung (TP CUSS) Saluampak, Sumargiono, S.Pd berharap bahwa percepatan literasi keuangan (Financial Literacy) di TP CUSS Saluampak dapat menjangkau semua anggota CUSS sampai pelosok. Tujuannya adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi anggota.

Sumargiono yang akrab disapa Ono’ menyatakan bahwa akses keuangan memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi anggota. Dia berharap bahwa CUSS dapat memberikan edukasi, dan membantu memajukan perekonomian setiap anggota di TP CUSS Saluampak.

“ Kita harapkan kegiatan percepatan literasi keuangan hingga ke semua anggota diharuskan ikut edukasi Financial Literacy, (FL),” sebutnya dalam membuka pelatihan edukasi, Rabu 13-14 September 2023 di Aula Pusat Pastoran (Puspas Saluampak, Desa Pongko’ Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu berbatasan langsung Desa Mari- Mari Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan.

Sementara itu pembawa materi Erni Pare Datu dsn Albertina Bunga Situru mengatakan bahwa, Edukasi Litersi Keuangan adalah meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan keusngan setiap anggota dan merupakan salah satu strategi pemberdayaandalam mengurangi kemiskinan anggota.

” Jadi edukadi Litersi Keuangan merupakan kemampyan seseorang anggota CUSS untuk mengelolah dan membuat keputusan keuangan dengan benar,” terang Erni dan Albertin.

Edukasi Literasi Keuangan atau Financial Literacy bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota CUSS dalam mengelola keuangan keluarganya.

” Dengan adanya pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan tentang Literasi Keuangan, maka anggota dapat diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, karena telah memiliki kemampuan mengatur dan mengelolah baik keuangan pribadi maupun keuangan keluarga mereka, jelasnya, seraya menambahkan bahwa, kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi, ceramah dan pendampingan.

Dengan kegiatan tersebut, maka anggota CUSS diharapkan memiliki komitmen untuk menerapkan norma- norma Litersi Keuangan dan berbagi pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat lain atau anggota keluarga untuk mengurangi angka kemiskinan bagi anggota CUSS. (Mega/Yustus)

Komentar