oleh

PP Muhammadiyah Rencana Gelar Dialog Publik, Undang 3 Capres-Cawapres

-News-15 views

Lepongannews.com-Luwu Raya – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah seperti diketahui akan mengundang 3 (tiga) capres-cawapres dalam Dialog Publik. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara terpisah dari 21-23 November 2023.

“Insya Allah diselenggarakan pada 21 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Malang (Prabowo-Gibran), 22 November di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Anies-Muhaimin), dan 23 November di Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ganjar-Mahfud),” tulis Abdul Mu’ti dalam keterangannya.

Dialog ini bertujuan untuk pendidikan politik bagi pimpinan, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah serta masyarakat. Kemudian, mengkaji secara kritis visi, misi, dan program capres-cawapres.

Mu’ti sekali lagi menekankan Muhammadiyah menitipkan aspirasi pada semua capres dan cawapres. Tidak ke pasangan atau kandidat tertentu.

“Menitipkan aspirasi Muhammadiyah kepada semua capres-cawapres. PP Muhammadiyah masih menunggu konfirmasi dari masing-masing capres-cawapres,” ujarnya

Sementara itu, Abdul Mu’ti tak mempermasalahkan dukungan mantan ketua umum PP Muhammadiyah Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin kepada pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar. Menurutnya, itu merupakan hak politik dari Din Syamsuddin.

“Itu bagian dari hak politik Pak Din sebagai warga negara Indonesia dan kami tidak ada persoalan apapun dengan apapun yang beliau pilih dan lakukan,” ujar Abdul Mu’ti di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jakarta, Kamis (9/11/2023), kemarin.

Muhammadiyah sendiri memberikan kebebasan kepada pengurus dan anggotanya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pihaknya tak melarang untuk mendukung satu pasangan calon tertentu.

“Mereka memiliki afiliasi dan pilihan politik sesuai dengan hati nuraninya. Walaupun kalau misalnya seseorang menjadi pimpinan di perserikatan atau pimpinan di amal usaha mereka memang harus mematuhi apa yang menjadi ketentuan di Muhammadiyah,” ujar Abdul Mu’ti.

Sementara H. Akhmad Ridha, selaku tokoh Muhammadiyah di Luwu Utara yang juga Ketua Dean Pakar Tim Pemenangan Daerah Luwu Utara Ganjar-Mahfud para media ini, Sabtu 11 November 2023, membenarkan adanya kegiatan dialog publik untuk 3 Capres-Cawapres yang akan digelar PP Muhammadiyah dari tanggal 21-23 November 2023 di tempat berbeda.

Dewan Pakar Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Lutra, dialog publik tersebut berfungsi sebagai voter edukasi dan kedewasaan berpolitik agar masyarakat jangan terkesan membeli kucing didalam karus di Pilpres 14 Februari 2024.

” Dan tujuannya bagaimana pemilu dan pilpres tidak sekadar memilih calon, tapi juga rakyat mengerti apa yang akan dijalanksn capres dan cawapres yang akan dipilihnya,” jelasnya.

Pewarta: Yustus

Komentar