oleh

Bawaslu Luwu Utara Kawal Rapat Pleno RHPPS di KPU

-News-11 views

Lepongannews.com-, Luwu Raya – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas suksesnya kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di tingkat Kabupaten, bertempat di Aula Demokrasi Kantor KPU Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba, Kamis 29 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara Muhajir kepada media ini, memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lywu Utara yang pada hari ini sukses melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di tingkat Kabupaten.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada KPU Luwu Utara yang telah sukses melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di tingkat Kabupaten,” ujar Muhajir.

Sementara itu, Ketua KPU Luwu Utara Hayu Vandy Pamorron mengatakan bahwa, rapat pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara (RPPS) di tingkat Kabupaten oleh KPU Luwu Utara di 15 Kecamatan berjalan dengan baik, dan ini dibagi 4 (empat gelombang).

“Dan hari ini gelombang pertama yakni, Kecamatan Sukamaju, Sukamaju Selatan, Malangke dan Kecamatan Malangke Barat,” sebutnya.

Besok gelombang kedua, Jumat 1 Maret 2024 Kecamatan Sabbang, Sabbang Selatan, Seko dan Kecamatan Rongkong.

Di gelombang ketiga Sabtu 2 Maret 2024 yakni, Kecamatan Masamba, Mappedeceng dan Kecamatan Rampi.

Minggu 3 Maret 2024 gelombang ke empat yakni, Kecamatan Baebunta, Baebunta Selatan, Tana Lili dan Kecamatan Bone-Bone.

Ditambahkan Muhajir bahwa, pelaksanaan Rapat Pleno RPPS di tingkat Kabupaten sudah sesuai aturan peraturan KPU itu semua sudah jelas berdasarkan undang-undang nomor 7.

“Kami akan menyandingkan data KPU bersama para saksi Parpol tentang hasil rekapan D hasil,” terangnya.

Lebih lanjut di katakan Muhajir, terkait nanti kasak-kusuk yang ada kita kembali lagi kepada internal. Dipastikan, Bawaslu adakan pengawal perolehan suara jangan sampai telah di tambahkan ataupun di kurangi.

“Saya tahu bersama, di rekapitulasi ditingkat Kecamatan saya ikuti planonya telah dibuka juga. Kemudian ada saran-saran perbaikan dari Panwaslu Kecamatan dan itu sudah di tindaklanjuti,” pungkasnya.

Namun menurutnya, dalam penginputannya ada sedikit kesalahan atau kendala akibatnya sering eror aplikasinya.

“Semuanya itu, pastinya kami Bawaslu Luwu Utara menjamin tidak ada satupun suara yang bertambah maupun berkurang,” jelasnya.

Pewarta: Ben/Yus

Komentar