oleh

Bukti Kesungguhan Kurban untuk Toleransi, Umat Gereja Katolik Katedral Jakarta dan Paroki Santa Theresia Sumbang Hewan

-News-8 views

Lepongannews.com, Jakarta – Gereja Katolik Paroki Katedral Jakarta kembali mempersembahkan seekor sapi untuk menyambut Idul Adha 1445 Hijriah 2024 di Masjid Istqlal Jakarta Pusat.

Pastor Paroki Katedral, Romo A. Hani Runi Hartoko SJ menyerahkan langsung sapi kurban ini ke Masjid Istqlal, 16 Juni 2024 kemarin untuk menjadi hewan kurban pada hari ini. Sapi dari seberang Masjid Istiqlal tersebut pun tampak ditempatkan bersama sapi-sapi lainnya di halaman Masjid Istiqlal.

Hal tersebut disampaikan Romo A. Hani bahwa, Sapi dari Gereja Katedral ini memiliki badan yang besar dengan warna cokelat pada tubuhnya dan memiliki warna putih pada bagian kepala. Tulisan ‘Katedral’ pun melekat di tubuh sapi tersebut.

Hewan kurban wujud kesungguhan umat Katolik untuk toleransi diterima langsung Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal Ismail Cawidu pada Penakatolik diteruskan ke media ini, Senin 17 Juni 2024.

Bahwa, menurut Ismail Cawidu, sapi tersebut bukan merupakan hewan kurban, tetapi sebagai hadiah.

“Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah,” sebutnya.

Gereja Katedral juga menyediakan lahan parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Romo Hani menyampaikan bahwa, hewan ini merupakan wujud persaudaraan dari umat Katolik di Paroki Katedral untuk saudara umat Islam yang akan merayakan Idul Adha di Masjid Istqlal. Ia bersyukur atas persaudaraan yang selama ini sangat baik terjalin antara Katedral Jakarta dan Masjid Istqlal.

Sementara itu, Romo Johanes Haryanto menyerahkan hewan kurban dari Paroki Santa Theresia berupa satu ekor sapi seberat 610 Kg kepada Ustaz Babay dalam rangka perayaan Iduladha 2024.
Selain itu, Gereja Santa Theresia Menteng, Jakarta tak mau ketinggalan.

Romo Paroki Santa Theresia Menteng menyerahkan hewan kurban kepada Ustaz Babay dari Rumah Singgah Hurin in Study Center di Jati Bundar, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Rumah singgah ini biasanya menjadi tempat bagi anak-anak di wilayah Tanah Abang dan sekitarnya untuk belajar mengaji dan meningkatkan keterampilan.

Romo Hariyanto mewakili Dewan Paroki dan Umat Gereja Santa Theresia Jakarta menyerahkan satu ekor sapi seberat 610 Kg kepada Ustaz Babay dalam rangka perayaan Iduladha 2024.

“Kami menyerahkan hewan kurban ini dalam rangka perayaan Iduladha. Semoga menjadi barokah,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa, sumbangan ini sebagai bentuk solidaritas dan kerukunan antarumat beragama.

Sekadar diketahui, ini sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta 2024, yaitu Solidaritas dan Subsidiaritas.

Pewarta: Ben/Yustus

Komentar