oleh

Bumi Pongtiku, Harga Beras Tembus Rp16.500 per Kg

-News-14 views

Lepongannews.com-Toraja – Harga beras di Toraja Utara, Sulawesi Selatan merangkak naik. Hingga Selasa 20 Februari 2024, harga beras menembus Rp16.500 per kilogram di tingkat pedagang eceran.

“Kondisi ini (sudah terjadi) sejak Desember 2023 lalu,” sebut Natan pedagang beras dipasar Bolu Rantepao pada media ini.

Natan juga mengungkap, penyebab kenaikan harga beras di Kabupaten yang berjuluk Bumi Pongtiku karena beberapa faktor. Salah satunya saat ini di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten tetangga seperti di Tana Luwu dan Sidrap belum memasuki musim panen raya. Akibatnya stok beras di Toraja Utara berkurang sehingga harga pun merangkak naik.

Faktor lainnya adalah biaya operasional yang ikut meningkat. “Harga beras naik mengikuti mekanisme pasar,” ujarnya.

Sebagai upaya menstabilkan kenaikan harga beras ini, kami usul dan minta Disperindag Toraja Utara gelar operasi pasar dan pasar murah menjelang hari Kebangkitan Yesus Kristus (Paskah).

Menurutnya bahwa, teman yang pasok dari Tana Luwu dan Sidrap kenaikan harga beras saat ini dikarenakan harga jual gabah yang juga naik di tingkat petani selama ini, dan tidak ada kaitannya bansos di pemilu lalu.

Pewarta: Ato/Yus

Komentar