oleh

CU Sauan Sibarrung Adakan TOT Fasilitator Edukasi Dasar, Bekali para Sangayoka dan Pande

-News-65 views

Lepongannews.com-Toraja – Credit Union (CU) Sauan Sibarrung mengadakan Training Of Trainers (TOT) Fasilutator Edukasi/Pendidikan Dasar di Aula Kantor Pusat CU Sauan Sibarrung, di Mandetek Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan (Sulsel), dari Rabu 13 Maret sampai Kamis 14 Maret 2024.

TOT Edukasi Dasar ini diikuti 42 peserta dari 14 Tempat Pelayanan (TP) Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS).

Fasilitator TOT Edukasi Dasar CUSS, Christianus Tana’ menyampaikan bahwa, tujuan dari pembelajaran atau TOT Edukasi Dasar ini untuk memperdalam pemahaman aktivis atau sangayoka dan Pande CUSS tentang ilmu dasar dalam ber CU. Selain itu, peserta diharapkan dapat mensosialisasikan ilmu CU di tengah calon anggota baru.

Dari pembelajaran atau TOT Edukasi Dasar ini diharapkan peserta pertama yakni, memahami dan mempraktekkan filosofi CU. Kedua, mampu menganalisis keadaan sosial ekonomi masyarakat setempat. Ketiga, memahami pentingnya kehadiran CU untuk memberdayakan ekonomi masyarakat kecil.

Dan keempat, mengubah pola pikir lama, meninggalkan kebiasaan buruk, dan mampu menemukan cara-cara baru untuk memberdayakan hidupnya dan menginspirasi orang lain di sekitarnya. Kelima, merancang usaha produktif sederhana untuk meningkatkan pendapatan. Keenam, memahami dan mengetahui tujuan produk dan pelayanan yang diberikan oleh CUSS. Ketujuh, memahami hakekat pinjaman di Credit Union Sauan Sibarrung. Dan terakir kedelapan, merancang anggaran belanja keuangan keluarga dan mempraktekkannya secara disiplin.

Chris menambahkan bahwa, peserta TOT Edukasi Dasar ini adalah para aktivis (sangayoka) dan pande di setiap Tempat Pelayanan. Dan modal utama dari aktivis dan pande adalah volunteer atau kerelawanan.

“Maka, kami mengucapkan terima kasih kepada para sangayoka yang telah mau mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan lain-lain, serta merelahkan semuanya untuk memajukan CU Sauan Sibarrung. Kalian adalah owner (pemilik), member (anggota), dan sekaligus volunteer (relawan). Semoga dari kegiatan TOT Edukasi Dasar ini kalian mendapat banyak ilmu dan pengetahuan untuk disosialisasikan ke calon anggota,” sebutnya.

Adapun materi pelatihan TOT yang disampaikan seputar Filosofi Gerakan, Analisis Sosial, Perubahan Pola Pikir, Usaha Produktif Anggota, Produk dan Pelayanan CU, Pinjaman di Credit Union Sauan Sibarrung, dan Anggaran Belanja Keluarga.

Dalam TOT ini, peserta dibimbing untuk membuka kapasitas diri (unlock the capacity), mind mapping, brain gym kecerdasan, brain gym vitalisasi otak, style leadership, teknik presentasi, public speaking, presentasi edukasi dasar, dan diskusi kelompok dan yang lainnya. Juga agar peserta tidak jenuh, maka diadakan banyak games seperti botol dan gelas, target ball, tepuk-tepuk, olah kata, pilih 20 benda, eja kata, membuat kalimat dari kata-kata, games mentalis, dan lain-lain.

Dalam TOT edukasi dasar itu, fasilitator Chris juga menjelaskan tentang teknik presentasi.

Menurutnya, dalam berkomunikasi, seorang komunikator menyampaikan informasi dengan tujuan satu, hanya untuk didengar saja, hanya pemberitahuan. Dua, mengajak untuk bersama melakukan sesuatu. Tiga, meminta atau menyuruh komunikan melakukan sesuatu. Empat, mengajak berkomunikasi dua arah, bergantian, diskusi, dan lain-lain.

“Maka seorang komunikan mestinya bersikap bijak ketika menanggapi informasi yang disampaikan oleh komunikator. Tidak asal bereaksi sesuai pikiran dan kehendak sendiri,” terangnya.

Fasilitator TOT Edukasi Dasar menerangkan, agar komunikator bisa menyampaikan informasi secara efektif dan efisien serta tepat sasaran, hendaklah mereka memiliki kemampuan yakni, pertama, menjadi pendengar yang baik. Kedua, mengelola pikiran, berpikir sebelum bicara.
Ketiga, menyederhanakan ide atau gagasan menjadi poin-poin infomasi. Keempat, menjabarkan poin informasi menjadi gagasan lengkap.

Dan kelima, sampaikan informasi dengan bahasa yang baik, karena kemampuan berbahasa seseorang akan menunjukkan performa atau kapasitas diri seseorang. Dan keenam, sampaikan gagasan secara efektif, tidak bertele-tele dan tepat sasaran, dengan menggunakan metode pacing and leading,” paparnya.

Untuk diketahui, Misi CU Sauan Sibarrung adalah Meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pemberdayaan berbasis komunitas yang ramah lingkungan melalui pemberdayaan sosial, ekonomi dan tekhnologi secara berkelanjutan.

Sedang Visi CU Sauan Sibarrung yakni, Menjadi lembaga pemberdayaan hidup masyarakat Toraja yang tangguh dan terpercaya demi kesejahteraan anggota.

Ada tiga kegiatan utama CU Sauan Sibarrung yakni, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan, dan pelayanan keuangan. Dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, CU Sauan Sibarrung membantu anggota agar memahami gerakan CU secara tepat, memiliki kemampuan baik dalam mengelola keuangan dan pengembangan usaha. Sedang dalam kegiatan pemberdayaan, CU Sauan Sibarrung ingin menjadikan anggota lebih mampu menentukan pilihan (keputusannya) dan membuat karya sesuai potensi yang dimilikinya. Sementara dalam kegiatan pelayanan keuangan, CU Sauan Sibarrung memberikan pelayanan keuangan yang profesional dan sesuai dengan kondisi anggota.

Pewarta: Mega/Yustus

Komentar