oleh

CUSS Adakan Pendidikan Financial Literacy Bagi Anggota, Tingkatkan Mengatur Uang

-News-49 views

 

Lepongannew.coms, Luwu Raya – Hari kedua pelatihan Financial Literaracy, Selasa 22 Agustus 2023 Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) Tempat Pelayanan (TP) Saluampak mengadakan kegiatan pelatihan ekonomi mengenai bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan Financial Literacy, “Me and My Money.”

Acara tersebut berlangsung di Dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), menghadirkan komite CUSS, Paulus Palino, ST sebagai pembawa materi yang juga anggota DPRD Luwu Utara dari fraksi Gerindra.

Pada pelatihan FL ini, para peserta diajak untuk mengulas pola pemikiran anggota CUSS. Rata-rata orang mayoritas jarang membuat rencana untuk kedepannya dan banyak yang mempunayai prinsip bahwa hidup itu mengalir seperti air.

” Sebagai contoh jika seseorang hidup selama 80 tahun dan ingin pensiun di usia sekitar 50 tahun, itu berarti akan ada 30 tahun hidup tanpa penghasilan. Selain itu, dibahas pula perbedaan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dikarenakan banyaknya masyarakat umum yang masih tidak dapat membedakan kedua hal tersebut,” terang Paulus Palino.

Pelatihan ini juga mengkaji lingkup-lingkup perencanaan keuangan, seperti perencanaan arus kas, perencanaan dana pendidikan, manajemen resiko, perencanaan investasi, pensiun, dan warisan. Juga pelatihan tersebut dilatih neraca keuangan yang meliputi aset dan hutang untuk mengetahui posisi financial saat ini, serta penyampaian mengenai laporan arus kas untuk mengetahui penggunaan uang yang ada.

Metode-metode yang digunakan CUSS untuk perencanaan keuangan, seperti dana darurat, time value of money, dan financial health check up, juga disampaikan dalam pendidikan FL ini.

Dan juga pemaparan materi mengenai manajemen resiko dan instrument investasi anggota. Secara umum materi yang disampaikan pada pendidikan ini dilakukan secara interaktif agar anggota dapat lebih baik dalam mengatur keuangan mereka serta dapat pula mengaplikasikan materi-materi yang disampaikan dalam pendidikan ini dalam kehidupan sehari-hari.

” Pendidikan FL ini diadakan dengan tujuan agar anggota CUSS dapat merencanakan keuangan masa depan mereka dengan baik. Dengan pelatihan yang tidak hanya teoritis, namun langsung praktik sehingga diharapkan angg9ta CUSS tidak perlu khawatir akan masa depan keuangan mereka. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anggota,” ujar Paulus Palino selaku komite CUSS TP Saluampak. ( Megasari/Yus)

Komentar