oleh

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TORAJA UTARA, LAUNCHING APLIKASI SRIKANDI

-News-35 views

Lepongannews.com Toraja Utara-Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toraja Utara, menggelar launching Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI),  berlangsung di lantai 2 Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kecamatan Rantepao, Selasa (11/6/2024).

Aplikasi SRIKANDI dibangun bersama oleh Kementerian KOMINFO, Kementerian PAN RB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) merupakan bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis  (Bintek) perpustakaan Tingkat SD sampai SMA dan pekan perpustakaan, yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang, didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara, Obednego Toding Padang.

Hadir pula Asisten Pemerintahan, Kadis Disdikpora dan Kabid Kearsipan yang juga sebagai ketua Srikandi Provinsi Sulawesi Selatan, Doktor Haji  Basri memberi keterangan bahwa,

Aplikasi Srikandi adalah kebijakan dan amanat Pemerintah Pusat tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Penerapan aplikasi ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi, yaitu menuntut kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bekerja efektif, efisien, serta hemat biaya, waktu dan tenaga.

“Dengan peluncuran aplikasi srikandi ini, diharapkan dapat tercapai beberapa manfaat bagi perangkat daerah, diantaranya memudahkan komunikasi dan koordinasi antar instansi dan pemerintah, serta memudahkan akses informasi kearsipan,”ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang saat ditemui awak media, usai membuka aplikasi srikandi, menuturkan kehadiran Perpustakaan di Toraja Utara  ini, perlu disosialisasikan  ke masyarakat dan sekolah sehingga pengelolaanya maksimal.

“diHarapkan kepada seluruh stocholder,  bisa  menyumbangkan buku-buku ke perpustakaan untuk mengembangkan budaya masyarakat gemar membaca” ungkap Salvius.

Lebih lanjut, Salvius menyebut, lounching Srikandi ini untuk ditindaklanjuti oleh seluruh OPD struktur pemerintahan Toraja Utara.

“Untuk mengunakan Aplikasi Srikandi ini sehingga dalam  pelaksanaan pemerintah berbasis elektronik dapat meningkatkan kinerja  bisa kita tingkatkan kinerjanya,” sambungnya.

“Dengan mengunakan aplikasi Srikandi dipastikan peningkatan kinerja, efisiensi ,efektifitas pelayanan kepada masyarakat ” Tutup Salvius Pasang.

Untuk diketahui, Aplikasi Srikandi ini merupakan alat yang memudahkan dalam pengelolaan kearsipan serta penggunaan aplikasi srikandi merupakan bentuk peningkatan kualitas pelayanan kearsipan.  (Fred).

Komentar