oleh

Kepala UPT SMPN 6 Gelar Workshop Penggunaan Aplikasi Canva, Untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

-News-22 views

Lepongannews.com-, Luwu Raya – Kepala UPT SMP Negeri 6 Bone Subur Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan mengelar kegiatan Workshop, Rabu 12 Juni 2024 diruang guru.

Kegiatan itu intinya berbagi praktik penggunaan Canva, hal tersebut disampaikan Jusman Kepala UPT SMP Negeri 6 Bone Subur, Sabbang Selatan pada media ini bahwa, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan para guru dalam menyusun bahan ajar digital dan elektronik pada aplikasi canva.

Jusman menyampaikan bahwa, metode yang digunakan terdiri dari ceramah, praktek, dan demonstrasi, yang akan diikuti peserta dalam materi ini kedepannya.

Untuk diketahui, pada era ke-21 ini, penting bagi guru untuk mengembangkan keterampilan digital, terutama dalam menghasilkan media pembelajaran untuk meningkatkan literasi digital guru menggunakan alat Canva.

Workshop ini nantinya melalui proses pelatihan dilakukan melalui tahap pelatihan terdiri dari pemberian pelatihan, pematerian, serta bimbingan dalam penggunaan Canva untuk pembelajaran digital.

Untuk tahap terakhir, pasca-pelatihan, melibatkan evaluasi melalui umpan balik, menunjukkan bahwa 85% guru merespons positif terhadap Canva sebagai alat pembelajaran digital, menyatakan bahwa alat ini mudah digunakan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

” Disimpulkan bahwa Canva dapat meningkatkan literasi digital guru dan menghadirkan ragam media pembelajaran untuk memotivasi siswa. Dampaknya peningkatan kreativitas dalam pembuatan media pembelajaran, pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik, serta perubahan positif dalam pengalaman belajar,” terangnya.

” Dan saya juga selalu membuka ruang kepada guru-guru untuk berbagi ilmu dan siap menjadi narasumber di Webinar dan selanjutnya supaya lebih luas lagi penyebaran ilmu,” tambahnya.

Sementara itu Rusli Kandara, pengawas bina SMP Kabupaten Luwu Utara mengapresiasi workshop yang dilaksanakan untuk kompetensi para guru.

” Saya apresiasi pada Kepala UPT SMP Negeri dan guru telah berkolaborasi para pemanfaatan CANVA untuk menyajikan pembelajaran yang menarik,” sebutnya di acara tersebut.

Sekadar diketahui, Kombel ‘Sikareba’ akronimnya yakni Seide Kolaborasi Inovatif Kreatif dan Berbagi.

Pewarta: Ben/Yustus

Komentar