oleh

Panwaslu Kecamatan Sabbang Selatan, Gelar Tes Wawancara Calon Pengawas TPS

-News-17 views

Lepongannews.com, Luwu Raya – Pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sabbang Selatan mengumumkan yang lolos seleksi administrasi tgl 12 Oktober 2024 dan mulai 14 Oktober 2024 melakukan seleksi tes wawancara bagi calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara  (PTPS) pada pemilu 27 November 2024.

 

Seleksi wawancara ini di lakukan untuk menyeleksi Pengawas TPS di tingkat desa yang mempunyai integritas, kompeten dan komitmen, dalam menjalankan tugas pengawasan di TPS pada tanggal 27 November 2024.

” Senin 14 Oktober 2034 kami mulai melaksanakan tes wawancara, untuk melihat, sudah sejauh mana pemahaman kepemiluan dan komitmen para pengawas TPS untuk mengawasi pencoblosan 27 November mendatang,” sebut Ketua Panwascam Sabbang Selatan, Salmiana, SP, Selasa (15/10/2024), pada media ini.

Tes ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 14-17 Oktober. Sebelumnya kami telah menyampaikan dan menyebar informasi ke Masyarakat terkait dengan sosialisasi perekrutan dan pendaftaran Pengawas TPS (PTPS)  melalui para PKD se Kecamatan Sabbang Selatan.

“Informasi itu dimulai sejak tgl 12 Oktober sampai 17 Oktober 2024, sosialisasi ini di muat dan ditempel di papan informasi desa, tempat tempat umum dan akun media sosial Panwascam Sabbang Selatan,” ucapnya.

Kemudian di tanggal 12-28 September 2024, kita membuka pendaftaran perekrutan PTPS, sekaligus melakukan penelitian berkas,  apakah sudah lengkap atau belum,  pendaftaran ini dilaksanakan di kantor Sekretariat Panwas Kecamatan Sabbang Selatan.

“Kemudian di tanggal 11 Oktober, kami melakukan pengumuman lulus administrasi. dengan jumlah pendaftar sebanyak 20 orang, ada 19 orang yang

Sehingga total keseluruhan ada 49 orang yang lulus dari 10 Desa se Kecamatan Sabbang Selatan.

“Ditanggal 11 Oktiber itu, kami sudah mengumumkan daftar nama-nama  yang lulus dan kami perintahkan seluruh PKD untuk menempel kembali di papan informasi desa,  tempat tempat umum dan media sosial kami, dengan tujuan dilihat oleh masyarakat,” jelasnya.

Dan mulai Senin dan hari ini, kami melangsungkan tahapan wawancara. Di tahap ini kami menanyakan banyak hal, mulai dari pengetahuan kepemiluan, kemampuan komunikasi, integritas diri, kemampuan kepemimpinan dan hal hal lainnya.

“Harapannya dengan mengetahui tupoksi PTPS, mereka bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin, bisa membantu para PKD,  memastikan proses pencoblosan  berjalan dengan baik, dan sesuai dengan ketentuan perundang undangan, karena mereka inilah ujung tombak pengawas pemilu,” paparnya

Nantinya Yang lulus seleksi wawancara kita akan umumkan dan lantik pada tanggal 3-4 November 2024.

** Yustus

Komentar