oleh

Pendidikan Financial Literasi CUSS Harus Diikuti Anggota

-News-38 views

Lepongannews.com-, Luwu Raya – Pendidikan Financial Literasi (FL) Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) TP Saluampak difasilitasi Sumargiono, staf CUSS dengan fasilitator Marthina Ribo dan Paulus Palino, komite, bersama pelaksana kegiatan Yustus Bunga, Sangayoka CUSS TP Saluampak, Senin 21-Selasa 22 Agustus 2023.

Hal ini dapat terlihat interaksi dua arah antara fasilitator dan peserta. Fasilitator menyampaikan materi dan selalu terjadi umpan balik berupa pertanyaan yang diajukan peserta pelatihan serta fasilitator memberikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan peserta. Dan selalu terjadi interaksi diantara peserta dan fasilitator. Selain bertanya peserta juga terlibat aktif dalam kegiatan diklat berupa mengisi lembar kerja, rencana tindak lanjut FL untuk peserta.

Disela-sela kegiatan, Marthina Ribo memandu peserta untuk mengaktivasi aplikasi ESCETE mobile di handphone (hp) peserta. Sebelumnya fasilitator memutar video-video tentang apa saja fitur escete dan kesaksian pemakai escete.

Peserta merasa senang dan bersyukur bisa mengikuti Pendidikan FL , yakni Yohanis Mardi. Menurut Mardi, ia bersyukur menjadi anggota CUSS dan mendapat pendidikan FL. “Semoga pengetahuan dari Diklat FL ini makin memberi semangat bagi saya untuk terus mengembangkan usaha produktif yang saya kelola.

Sementara itu Marthina, anggota CUSS harus memiliki kemampuan manajerial yang bagus, terutama menyangkut keuangan. Sebab, usaha melibatkan aspek modal yang tidak sedikit. Untuk itu segala sesuatunya harus dilakukan dengan cermat.

Menurut Marthina Ribo anggota CUSS memang membutuhkan ‘pencacatan’ keuangan yang tersusun rapi. Tujuannya untuk memudahkan anggota CU dalam melakukan evaluasi.

Olehnya itu, pendidikan literasi keuangan ini untuk memandu dan mendampingi untuk proses peningkatan kapasitas anggota.

” Mengajak para anggota CU Sauan Sibarrung sadar dan paham tentang bagaimana cara mengelolah keuangan secara bijak, sesuai kebutuhsn anggota dan semakin tahu bagaimana memajukan kesejahteraan ekonomi keluarga, baikdalam pengalokasian untuk kebutuhan konsumsi, keperluan investasi, maupun pengembangan usaha dan tidak hanya mengalokasikan pendapatan untuk konsumsi saat ini, namun juga menyiapkan tabungan atau simpanan untuk kebutuhan di masa mendatang,” terangnya.

Pelatihan literasi keuangan sendiri adalah merupakan pembekalan pengetahuan dan keterampilan terkait finansial agar mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan secara maksimal. (Megasari/Yus)

Komentar