oleh

IKAT JABODETABEK Programkan Konsultasi Online Pelayanan Kesehatan Untuk Warga Toraja

-News-1,118 views

 Lepongan News.com-Jabotabek-Rapat Kerja (Raker) Pengurus IKAT Jabodetabek periode 2022 – 2025 yang berlangsung tanggal 3 – 4 September 2022 bertempat Green Forest Resort Hotel & Convention Hall, Bogor mengangkat Tema, Bersama lebih kuat, Bersama kita peduli.

Raker Pengurus IKAT Jabodetabek di buka oleh Ketua IKAT Jabodetabek periode 2022 – 2025 Fery Latanna, drg, Sp.PM, FISID .

Salah satu Program kerja IKAT Jabodetabek tahun 2022 – 2025 adalah Program Kesehatan dan Sosial Kemasyarakatan yang merupakan Program Bidang III IKAT Jabodetabek.

Prioritas Bidang Kesehatan adalah mewujudkan pelayanan kesehatan dalam bentuk konsultasi online dengan para dokter umum, dokter gigi dan dokter spesialis yang diberikan kepada anggota IKAT Jabodetabek.

Untuk membangun layanan tersebut, saat ini sudah dibuat data based keberadaan para dokter umum, dokter gigi , dokter spesialis yang berdomisli di Jabodetabek yang saat ini jumlahnya sebanyak 87 orang. Dengan jumlah yang cukup banyak ini , kita berharap agar keberdaaan para dokter tersebut dapat memberikan suatu kemudahan pelayanan melalui online yang dapat diakses oleh anggota IKAT Jabodetabek melalui aplikasi online (semacam konsultasi halodoc yang sudah sangat dikenal saat ini .

Selain itu edukasi berbagai isu kesehatan nasional yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat Toraja di Jabodetabek maupun kepada masyarakat di kampung halaman seperti bagaimana mencegah stunting agar anak-anak yang dilahirkan dalam keluarga tumbuh menjadi anak yang sehat dan berkualitas unggul sebagai upaya menciptakan SDM Toraja yang unggul dan berdaya saing tinggi, serta isu-isu kesehatan lainnya .

Di sela-sela Raker peserta juga diajak untuk melakukan “Peregangan” sebagai aksi nyata dalam menjaga kesehatan agar peserta tetap bugar dan produktif selama Raker berlangsung. Peregangan di tempat kerja ini merupakan Program pemerintah saat ini bertujuan untuk untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan produktivitas kerja setelah 2 jam bekerja bekerja dengan posisi duduk yang sama .

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang III yang membidangi Kesehatan, social dan kemasyarakatan Ibu Jelsi Natalia Marampa, SKM, MKKK yang juga saat ini menjabat sebagai Asisten Deputi Ketahanan Gizi dan Promosi Kesehatan kementerian Koordinator pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, beliau adalah Putri Budayawan Toraja A.T Marampa.

Struktur kepengurusan Bidang III Ikat Jabodetabek masa pengurusan 2022 – 2025 Ketua : Jelsi Natalia Marampa, SKM, MKKK, Sekretaris Bidang III adalah dr. Irma Batara, dan koordinator Kesehatan adalah dr. Asriyanti Bandaso, wakil Koordinator Bidang Kesehatan : Dr. Jurita Lepong Bulan. Adapun Koordinator Bidang Sosial dan kemasyarakatan Rachewelin Palebangan, dan Wakil Ketua bidang Sosial Kemasyarakatan adalah Henry Lambe dengan didukung anggota sebanyak 66 orang yang merupakan para professional bidang kesehatan dan penggerak social kemasyarakatan Jabodetabek. (*)

Komentar