oleh

Sukseskan Pilkada, Bawaslu Luwu Utara Bersama Media Duduk Bersama, Muhajir Bilang Untuk Langkah Langkah Proaktif

-News-6 views

Lepongannews.com-, Luwu Raya – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara bersama para insan Pers yang bertugas di Bumi Lamaranginang julukan Luwu Utara duduk bersama.

Giat tersebut digelar di Yum-Yum Studio Masamba, Selasa 25 Juni 2024 kemarin.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Luwu Utara, Muhajirin pada media ini via whatsapp, Rabu 26 Juni 2024 bahwa tugas Bawaslu dan para Jurnalis hsmpir sama dalam hal pengawasan jelang Pilkada 27 November 2024.

Berdasarkan Instruksi Bawaslu RI Nomor 6235 Tahun 2024 tentang patroli pengawasan kawal hak pilih, Bawaslu Kabupaten Luwu Utara mengambil langkah proaktif dalam rangka pengawasan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih untuk Pemilihan Serentak 2024.

Menurut Muhajirin, 3 (tiga) kegiatan sebagai langkah proaktif pihaknya untuk memastikan dan menyukseskan pemilihan umum kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Kegiatan yang dimaksud berlangsung dari tanggal 26 Juni 2024 hingga 27 November 2024.

” Langkah itu sebut Muhajirin yakni, sebagai bentuk komitmen terhadap pelaksanaan instruksi tersebut, sehingga Bawaslu Kabupaten Luwu Utara bersama para media memiliki beberapa fungsi utama yakni, jaga hak pilih, ikuti prosedur colit untuk memastikan proses pencocokan dan penelitian data pemilih berjalan sesuai prosedur, laporkan dugaan pelanggaran dan diharapkan juga partisipasi masyarakat untuk melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Muhajirin menegaskan bahwa, pengaduan terkait dugaan pelanggaran dapat disampaikan ke Kantor Bawaslu Luwu Utara, Kantor Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lhwu Utarz, dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Dengan adanya kolaborasi dengan para jurnalis diharapkan seluruh proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dapat berlangsung dengan baik, transparan, dan akuntabel.

” Serta Bawaslu Kabupaten Luwu Utara juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan ini demi suksesnya Pemilihan Serentak 2024,” sebut Muhajirin.

” Bawaslu Luwu Utara pada tahapan ini akan melakukan uji petik terhadap pemilih yang telah di coklit, upaya ini dilakukan untuk memaksimalkan pengawasan mengingat potensi dugaan pelanggaran mengintai, baik administrasinya, etiknya maupun pidanannya. Subjek dugaan pelanggaran ini terhadap Penyelenggara bahkan juga terhadap pemilih, jelasnya.

Pewarta: Beny/Yustus

Komentar