oleh

Tempat Pelayanan CUSS Saluampak ber Ulang Tahun ke 16, Gelar Ibadah Syukur Sederhana

-News-67 views

Lepongannews.com-Luwu Raya – Tak terasa 16 tahun telah berlalu sejak Sauan Sibarrung tahun 2006 didirikan di Toraja dan masuk di Tempat Pelayanan Saluampak tahun 2007 yang lalu.

Tahun 2007 menjadi tahun yang bersejarah bagi Tempat Pelayanan (TP) Saluampak CU Sauan Sibarrung (CUSS) pada 3 Juni 2007 karena menjadi titik awal perjalanan CUSS sampai hari ini di Paroki Siti Maryam Saluampak, Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu berbatasan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selama perjalanan waktu ini banyak suka duka, kegembiraan juga tantangan yang dialami dalam pendampingan kepada anggota, karena anggota CU Sauan Sibarrung terdiri dari berbagai latar belakang, agama, pendidikan, pekerjaan petani dan lain sebagainya.

Dari waktu ke waktu CU Sauan Sibarrung juga secara terus menerus mengimplementasikan misi visinya yakni, meningkatkan kualitas hidup anggota berbasis komunitas yang ramah lingkungan melalui pemberdayaan sosial, ekonomi dan tekhnologi secara berkelanjutan.

Ini juga menjadi tantangan tersendiri karena masih ada segelintir anggota yang beranggapan bahwa CU Sauan Sibarrung sama saja dengan lembaga keuangan lain yang berfokus pada simpan pinjam saja.

Sebagai ungkapan Syukur atas Ulang tahun Tempat Pelayanan Saluampak CUSS yang ke-16, maka pada tanggal 4 Juni 2024 mengadakan rangkaian kegiatan berupa Ibadah Syukur, dan Ramah Tamah bersama para staf, komite, pande dan sangayoka atau aktivis.

Ibadah Syukur dilangsungkan di Aula Puspas Saluampak Gereja Katolik Siti Maryam Saluampak, yang dipimpin oleh Frater Mario Mengko, MSC mewakili Pastor Paroki. Dalam kata homilinya Frater mengatakan bahwa, keberadaan CU di Paroki Siti Maryam Saluampak sangat membantu umat secara khusus dan masyarakat pada umumnya.

Oleh karena itu pada usia yang ke 16 tahun ini, TP Saluampak CUSS harus terus berbenah untuk bisa bertahan dan berkembang. Frater Mario Mengko juga mengatakan bahwa, ketika di sebuah paroki ada Credit Union di dalamnya, maka paroki tersebut memiliki warna tersendiri.

Menurutnya, Credit Union adalah aplikasi dari khotbah dari seorang pemimpin ibadah karena ketika khotbah hanya sampai pada mimbar dan tidak sampai pada pelataran, maka pada hakikatnya khotbah itu kosong.

Setelah Ibadah Syukur, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan rapat rutin setiap tanggal 4 dalam bulan.

Sementara itu dalam sambutan Koordinator Komite TP Saluampak Bapak Lukas Anden berpesan kepada semua aktivis untuk tetap kompak dan selalu mendukung gerakan Credit Union (CU) dengan cara masing-masing dan yang terpenting pemberdayaan harus dimulai dari diri sendiri dulu, sebelum kita mengajak orang lain.

” Semoga harapan kita bersama dapat semakin terwujud dalam kebersamaan di perayaan ulang tahun Tempat Pelayanan CU Sauan Sibarrung ini,” pesan Lukas.

Sekadar diketahui bahwa Tempat Pelayanan (TP) Saluampak CUSS berdiri tanggal 3 Juni 2007 dan kini usianya sudah 16 tahun.

Motto CUSS adalah Indemo Tu Gori-Gori Tang Ma’ti artinya Inilah sumber penghidupan yang tak pernah kering.

Dan visinya, Menjadi lembaga pemberdayaan hidup masyarakat Toraja yang tangguh dan terpercaya demi kesejahteraan anggota.

Ini nilai-nilainya, Bulaan Tasak (hidup sejati), Kinaa (bijaksana), Sikamasean (berbagi), Dangserekan (bersama dan bersaudara), Mawatang (ulet), Matarru’ (kreatif), Ma’patongzn (beriman dan penuh harapan) serta Madaran lako daenan (ramah lingkungan).

Sebagsi info tahun ini akan dibsngun kantor TP CUSS yang megah di Dudun Rambakulu, Desa Terpedo Jaya Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, Sulsel.

Pewarta: Yustus

Komentar