oleh

Pelatihan Publik Relations, Wakapolda Sulawesi Selatan: Humas Punya Peran Penting dalam Institusi

-News-62 views

LEPONGANNEWS, SULAWESI SELATAN – Bidang Humas (Bidhumas) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat kerja teknis (rakernis) di Soebarkah SPN Batua Raya, mulai Senin 29 November hingga 30 November 2021.

Rakernis ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan dibuka Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi dan diikuti oleh Kasie Humas dan operator seluruh Polres dan Polresta jajaran Polda Sulawesi Selatan.

Rakernis kali ini disampaikan Kasubbag Humas Polres Luwu Utara AIPDA Hendra Hilal Setiawan pada media ini bahwa, dengan strategi pemantapan komunikasi publik humas Polda Sulsel yang prediktif, responsibilitas transparansi, di Era post truth di masa corona virus.

Rakernis Bidhumas Polda Sulawesi Selatan juga dihadiri Pju Polda Sulsel dan seluruh Kasie Humas dan pejabat PID se jajaran Polda Sulsel.

Wakapolda Sulsel menyampaikan bahwa, rakernis merupakan sarana melakukan evaluasi terkait pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan dengan harapan bisa mengambil langkah dari kegiatan sebelumnya.

Perwira Tinggi Polisi dengan satu bintang tersebut, juga menegaskan betapa pentingnya peran humas dalam sebuah instansi ataupun institusi.

“Humas bukan hanya pelengkap, namun merupakan hal penting. Karena melakukan cooling sistem dan cipta kondisi serta pembentukan opini publik,” ujar Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi.

Wakapolda Sulsel juga menyampaikan hal penting yang menjadi tugas humas dalam sebuah institusi yakni, bagaimana humas membawa organisasi supaya organisasi diterima oleh masyarakat.

“Sekarang humas tugasnya bagaimana membawa citra kepolisian, membawa organisasi supaya organisasi diterima masyarakat dan jangan sampai ada sikap antipati kepada Polri. Semua itu berkat bagaimana humas menyajikan informasi ke publik, menyampaikan dan memberikan penjelasan karena media merupakan pilar demokrasi ke empat,” ungkap Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi.

Selain itu, orang nomor dua di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan ini berpesan, supaya peserta Rakernis hendaknya serius dalam mengikuti kegiatan, karena akan disampaikan oleh para pakar yang ekspert di bidangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel
di tempat yang sama mengungkapkan bahwa, tujuan Rakernis kali ini adalah untuk mewujudkan soliditas Humas Polda Sulsel dan tersosialisasinya program Polri terutama program public speaking (komunikasi publik)

”Humas Polda Sulsel sebagai Police System Kamtibmas di Sulawesi Selatan mampu mengimplementasikan tugas Polri masa depan dalam opini positif, guna mendukung stabilitas kamtibmas di Sulsel,” sebut Kabid Humas.

Rakernis Bidang Humas Polda Sulsel dilaksanakan selama dua hari dan memberikan materi pelatihan tentang komunikasi publik (public speaking) dengan narasumber dari pakar komunikasi publik. (yustus)

Komentar