oleh

Jalan Di Lembang Rantebua Sumalu, Perbatasan Luwu , Butuh Perhatian Pemda Torut

-News-103 views

Lepongan news Toraja Utara Lembang Rantebua Sumalu  terletak diufuk timur Toraja Utara, kurang lebih 25- Km  dari pusat Kota Rantepao.

Nampak Kondisi jalan sekarang ini lepas dari perbatasan luwu masuk ke Toraja Utara.

Lembang Rantebua Sumalu Kecamatan Rantebua Toraja Utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Luwu.   21 Desa yang ada di Kabupaten Luwu, yang berbatasan dengan Lembang Rantebua Sumalu menggunakan akses jalan yang ada di Lembang Rantebua Sumalu apabila masyarakat yang ada di 21 Desa Kabupaten Luwu itu, ingin ke Toraja baik ke Toraja Utata maupun ke Tana Toraja dalam berbagai kepentingan.

Menurut Lembang Rantebua Sumalu, Lungan Tandirura S. Sos. yang ditemui media ini babwa secara ekonomi kita sangat di untungkan dengan adanya akses jalan ini karena masyarakat Luwu yang berbatasan dengan kita sebenyak 21 Desa, kebanyakan datang menjual hasil bumi mereka dipasar yang kita miliki di  Lembang Rantebua Sumalu.

Potensi ini mestinya diperhatikan oleh kita terutama Pemerintah Toraja Utara lanjut Lungan, karena sangat berpeluang memberikan kontribusi pendapatan daerah atau PAD pada Kita Pemda Toraja Utara apabila pasar ini semakin ramai.

Pasar yang kami miliki sekarang adalah pasar semi permanen bantuan dari pusat tahun anggaran 2019 lalu jelas Lungan Lembang Rantebua Sumalu.kamis 3/12/2021

Yang menjadi kendala kami sekarang lanjut Lungan, adalah akses jalan dari perbatasan luwu kepasar sumalu kurang lebih 3 Km sudah sangat rusak dan becek apalagi kalau musim hujan seperti sekarang ini, jalan tersebut memang belum dikeraskan masi jalan tanah belum ada sedikit batupun disana jelas Lungan, sehingga sangat menyulitkan para pedagang  maupun masyarakat yang datang bertransaksi dipasar Sumalu.

Lembang Rantebua Sumalu. Lungan Tandirura. S, Sos

Masalah ini sudah beberapa kali kami sampaikan ke Pemerintah ke Pemerintah secara langsung maupun lewat Musrembang, terutama waktu masih Pemeritahan Kalatiku, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut

Harapan kami pada Pemerintah yang baru ini agar bisa memperhatikan jalan tersebut karena ini juga menyangkut harga diri Pemda Toraja Utara, sebab jalan yang dari Luwu sudah dikeraskan tapi ketika sudah masuk wilayah Toraja Utara kondisi jalan masih tanah dan berlumpur saat hujan terang Lungan Lembang Rantebua Sumalu.    ( Rober)

Simak Vidionya:

 

Komentar