oleh

Ombas Petahana Calon Bupati Toraja Utara, Pakai Sarung Toraja Jalani Tes Kesehatan dengan Sederhana

-News-53 views

Lepongannews.com, Toraja Utara- Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara (Torut) Pilkada 27 November 2024, Yohanis Bassang akrab disapa Ombas (Om Bassang) – Marthen Rante Tondok jalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 1 September 2024.

Yohanis Bassang (YB) dan Marthen Rante Tondok (MRT) dan rivalnya Frederik Victor Palimbong (FVP) dan Andrew Silambi mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan didampingi jajaran KPU, Bawaslu maupun perwakilan Polres Toraja Utara (Torut) dan Kejaksaan Torut.

Om Bassang (Ombas) yang petahana bakal calon Bupati Torut mengaku tak punya persiapan khusus menjalani tes kesehatan. Ia hanya memuji pelayanan tim dokter di rumah sakit pendidikan ini.

“Tidak ada persiapan khusus. Tentu pemeriksaan kesehatan istirahat harus cukup, makan teratur dan termasuk berpuasa,” sebut Ombas yang hanya memakai sarung Toraja dengan tampilan sederhana pada konferensi pers di RS Unhas.

Untuk diketahui, Pilkada Toraja Utara yang berjuluk Bumi Pongtiku pada 27 November 2024 diikuti 2 (dua) paslon yang telah mendaftar ke KPU dan diprediksi pilkada ini akan sengit, soalhya diikuti petahana bupati lawan petahana wakil bupati atau head to head.

” Pemeriksaan kesehatan setiap bakal paslon kepala daerah di RS Unhas berlangsung hingga kurang-lebih 10 jam, karena ada 18 jenis pemeriksaan medis dan 2 pemeriksaan narkoba,” sebut Komisioner Divisi Teknik dan Penyelenggaraan KPUD Toraja Utara,” Semuel Rianto Tappi’.

Sekadar diketahui ada 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selata, tercatat ada 68 paslon kepala daerah tingkat kabupaten kota atau calon bupati dan wali kota. Sementara di tingkat provinsi atau bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, ada dua pasangan yang telah mendaftar ke kantor KPU pada Kamis 29 Agustus 2024. Mereka adalah Moh Ramdhan Pomanto berpaket Azhar Arsyad melawan Andi Sudirman Sulaiman berpasangan Fatmawati Rusdi.

Pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati diusung 10 partai politik. Lalu paslon Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad yang diusung 3 partai politik yakni PDI Perjuangan, PKB dan PPP.

Hanya satu daerah yang diikuti oleh paslon tunggal atau melawan kotak kosong yakni, Pilkada Maros. Hanya ada A.S Chaidir Syam berpaket Suhartina Bohari yang mendaftar ke KPU.

Duet petahana ini diusung semua partai pemilik kursi di DPRD Maros maupun partai non sheet. Saat mendaftar ke KPU, Chaidir-Suhartina memboyong 16 partai politik.

Sementara, untuk wilayah Luwu Raya meliputi Kabupaten Luwu, Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Untuk Luwu Timur diikuti 3 paslon yakni, Isrullah Achmad-Usman Sadik diusung PAN, PKS, Demokrat dan PKB.
Sedang Budiman-Moch. Akbar Andi Leluasa diusung PDI Perjuangan, Golkar, PPP dan Gerindra. Untuk Irwan Bachri Syam-Puspawati Husler diusung Partai Nasdem, Gelora dan PSI.

Pilkada Luwu Utara diikuti 4 paslon yakni, Andi Abdullah Rahim-Jumail Mappile diusung Partai Nasdem, Gerindra dan Gelora. Dan Arsyad Kasmar-Fajar Jabir diusung PAN dan PKB. Suaib Mansur-Triyono diusung Partai Demokrat dan Hanura. Muhammad Fauzi-Ajie Saputra dari Partai Golkar, PDIP dan PKS.

Untuk Pilkada Kota Palopo juga diikuti 4 paslon yakni, Rahmat Masri Bandaso-Andi Tenri Karta diusung Golkar dan PKS. Farid Kasim Judas-Nurhaenih diusung Partai Nasdem, Hanura, Gelora dan PSI. Putri Dakka-Haidir Basir diusung PDI Perjuangan, PAN dan PPP. Sedang Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin diusung Partai Gerindra, Demokrat dan PKB.

Sedang untuk Pilkada Luwu ada 3 paslon yakni, Arham Basmin Mattayang-Rahmat diusung Partai Nasdem, PSI, PKS, Perindo dan Partai Buruh. Agussalim-Erwin Barabba diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PPP dan PAN. Patahuddin-Muh Dhevy Bijak diusung Partai Demokrat, Golkar, PKB dan PBB.

** Benny/Yus

Komentar