oleh

Lima Kelompok Tani di Desa Dandang Terima Bantuan Pompa Air

-News-14 views

Lepongannews.com, Luwu Raya – Lima (5) kelompok tani di Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan menerima bantuan alat pertanian, berupa pompa air. Bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian RI tersebut diserahkan Bupati Luwu Utara secara simbolis belum lama ini, di Aula Bappeda.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengungkapkan bahwa, pemberian bantuan pompa air merupakan wujud perhatian Kementerian Pertanian (Kementan) RI dalam upaya pertambahan area tanam di Luwu Utara. Dengan begitu, indeks pertanamnya dapat meningkat.

“(Tanaman) yang tadinya setahun hanya satu kali tanam, bisa menjadi dua kali tanam, dan yang tadinya dua kali tanam, bisa menjadi tiga kali tanam,” ujarnya.

Menurutnya, pompanisasi berguna untuk meningkatkan produktivitas area tanam yang sulit mendapatkan suplai air.

“Pada pokoknya, pompanisasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian daerah, terutama di lahan-lahan pertanian yang sulit mendapatkan suplai air, seperti saat musim kemarau datang, sawah tadah hujan, maupun lahan pertanian dengan kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan pompa untuk mengalirkan air,” sebutnya.

Sementara itu di lapangan mantan penyuluh Desa Dandang Muh Nur, SP yang sementara melihat langsung pompa air yang digunakan kelompok tani (poktan) di Desa Dandang mengungkapkan bahwa, semoga pompanisasi ini petani tidak kesulitan air dimusim kemarau.

“ Dengan kepedulian Kementan untuk petani di Luwu Utara, maka sekarang kita rasakan yaitu bantuan pompa ini. Hasil kedua yaitu terkait pupuk subsidi, kita mendapatkan tambahan 100 persen,” sambungnya.

Ditambahkan, bantuan pompa air yang dibagikan, diharapkan dapat mengairi area persawahan di Desa Dandang seluas 134 hektare.

Sekadar diketahui lima kelompok tani padi di Desa Dandang penerima bantuan pompanisasi yakni, Kelompok Tani Tunas Muda dengan Ketua Yustus Bunga, SP, Sumber Tani Ketua Andi, Bersinar Ketua Hamdir, Tunas Mase-Mase Ketua Randa Madao dan Kelompok Tani Salkar Sikamase Ketua Iwas, ST.

** Megasari/Yustus

Komentar