oleh

Bupati Basmin Mattayang, Alquran Kurikulum Pedoman Kehidupan

LEPONGANNEWS, LUWU – Pengurus Masjid Agung Kabupaten Luwu bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar peringatan malam Nuzulul Quran tingkat kabupaten, Rabu 28 April 2021 kemarin.

Bupati Luwu Basmin Mattayang dan Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali hadir dalam kegiatan tersebut. Hadir pula Ketua Pengadilan Negeri Belopa Purwanto S Abdullah, Penjabat Sekda Sulaiman, Danramil Belopa Kapten CZI Syarifuddin, para kepala OPD, pengurus TP-PKK, dan pengurus BKMT.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Basmin Mattayang mengatakan, selain dalam suasana Ramadhan, momentum Nuzulul Quran diyakini membawa banyak pelajaran berharga dan hikmah.

“Itulah malam Nuzulul Quran, dimana Alquran diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam,” kata Basmin.

Isi dan kandungan ayat-ayat Alquran, kata Basmin, tersirat, dan tersurat makna pesan-pesan mulia yang membawa petunjuk dan kabar gembira. Bahkan, jika ditelaah lebih jauh, dalam sejumlah ayat ditegaskan, turunnya Alquran memberi pesan kepada seluruh umat manusia mengenai tiga hal.

Pertama, ajaran tauhid yang mendeklarasikan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan tidak boleh disekutukan dengan apapun.

Kedua, Alquran merupakan petunjuk, pedoman hidup, dan pembawa keselamatan yang harus dipegang teguh oleh manusia.

Dan ketiga, Alquran merupakan sumber dari segala sumber hukum (syariat), sangat kaya dengan ilmu dan pengetahuan serta terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman.

“Dengan demikian, saya mengajak kepada hadirin sekalian bahwa Alquran wajib dijadikan sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia dan dapat digunakan sebagai kurikulum seluruh kehidupan yang mampu menjangkau masa silam dan masa depan,” jelasnya.

Sehingga dalam rangka mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Luwu, yaitu mewujudkan masyarakat Qurani, Bupati Basmin mengajak warga memasyarakatkan Alquran.

“Selain mempelajari dan memahami makna yang terkandung dalam Alquran, kita juga perlu giat bersedekah Alquran kepada masyarakat yang membutuhkannya, terutama kepada anak-anak generasi bangsa,” ajaknya.

Pada momen itu, Bupati Basmin membuka training centre peserta yang akan mengikuti Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH) XXXII tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 di Kanupaten Sidenreng Rapang (Sidrap).

Hikmah Nuzulul Quran diisi Pimpinan Pondok Pesantren El Haq, Desa Komba, Kecamatan Larompong, Ustadz Anan Ismail, dengan tema Risalah Nuzulul Quran dan Alquran sebagai pedoman dan sumber inspirasi sukses dalam kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. (megasari/yus)

Komentar

News Feed