oleh

Bupati H.Budiman Serahkan Secara Simbolis, Bantuan Dana ke Lansia di Luwu Timur

-News-19 views

LEPONGANNEWS, LUWU TIMUR – 105 orang lanjut usia (lansia) di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU)  disalurkan melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia” Gau Mabaji” Gowa Sulawrsi Selatan

Penyerahan bantuan dilakukan di Aula Sasana Kantor Bupati, Kamis 2 Desembef 2021. Bantuan simbolis diserahkan Bupati Luwu Timur H. Budiman kepada perwakilan penerima bantuan.

Setiap lansia yang terdata memperoleh bantuan senilai Rp2,7juta yang dibagi ke dalam empat komponen yakni bantuan tunai Rp1,5juta, dukungan keluarga Rp500 ribu, perawatan sosial dan terapi yang dikelola BRS-LU Gau Mabaji Gowa senilai Rp700 ribu.

“Bantuan ini diberikan setelah dilakukan assessment sesuai kebutuhan dan masalah yang dihadapi orang lanjut usia, bantuan tersebut untuk kebutuhan dan khusus di Kabupaten yang berjuluk Bumi Batara Guru merupskan atensi keluarga,” sebut dr. Shuban Kadir, Kepala Balai BRLU Gau Mabaji Gowa, seraya menambahkan wilayah kerja BRLU Gau Baji Gowa melipyti Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan, NTB dan NTT.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan bantuan tersebut dan menyampaikan ucapan terimakasih perhatian Kemesos RI.

” Ini merupakan wujud perhatian dari Kemensos, dan semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi pata penerima lanju usia (lansia),” sebut H. Budiman.

Lebih lanjut H. Budiman menyampaikan bahwa di Kabupaten Luwu Timur yang berjuluk Bumi Batara Guru, berdasarkan data orang lansia sebanyak 19.000 yang tersebar di 11 kecamatan. Data ini menjadi dasar perluhnya perhatisn terhadap penggiat sosial bagi lansia di Luwu Timur.

Selain penyerahan Atensi, Kemensos juga menyerahksn Kartu Keluarga Sejahtera Program Sembako PPKM serta penyerahan mobil jenasah di Kecamatan Tomoni Timur, yang juga diserahkan Bupati.

Bupati mengakui, jumlah lansia di Gorontalo masih banyak yang belum mendapat sentuhan dari pemerintah. Di sisi lain, eksistensi lansia diharapkan masih tetap produktif di bidang ekonomi, sosial kemasyarakatan dan pembinaan keluarga.

“Walaupun sudah lanjut usia, masih banyak yang punya potensi. Minimal memberikan nasehat dan bimbingan kepada anak cucunya di rumah,” tuturnya..

Turut hadir pada penyerahan bantuan lansia, Eakapolres Luwu Timur Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pimpinan Bank Mandiri Cabang dan Pimpinan KCP Bank BRI.(yustus)

Komentar