oleh

HUT Kodam ke 66, Dandim 1414/Tator Ziarah ke Buntu Lepong

Lepongannews.com, Tana Toraja – Dandim 1414/Tana Toraja kembali menggelar ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Buntu Lepong Jalan Pahlawan Kelurahan Pasele Kecamatan Rantepao,Toraja Utara, Rabu 31 Mei 2023.

Ziarah rombongan Kodam XIV/Hasanuddin bersama Kodam 1414 Tana Toraja dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kodam XIV Hasanuddin.

Ziarah rombongan itu dipimpin langsung Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Inf Monfi Ade Chandra.

Letkol Inf Monfi Ade Chandra usai upacara dan tabur bunga pada media ini menyebutkan bahwa, ziarah rombongan ini dalam rangka rangkaian
peringatan ke-66 HUT Kodam XIV/Hasanuddin Tahun 2023.

Diurai, acara diawali dengan upacara dan doa bersama lalu dilanjutkan dengan penaburan bunga.

“Setelah pimpinan rombongan menerima laporan dari perwira acara, urut urutan kegiatan ziarah rombongan yakni, penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh pimpinan rombongan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan, penaburan bunga dan pimpinan rombongan meninggalkan tempat ziarah dan mengisi buku tamu, dan diakhiri dengan laporan perwira acara,” jelas Dandjm.

Dikatakan bahwa, tujuan pelaksanaan ziarah rombongan itu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1414/Tana Toraja untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Ditambahkannya bahwa, kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.

“Juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ujar Monfi.

Peserta ziarah rombongan yang terlibat yakni Prajurit dan PNS Kodim 1414/Tator, dan unsur Persit KCK Kodim 1414/Tator. (Mega/Yus)

Komentar

News Feed