oleh

Polisi Selidiki Banua Sulu’ Katokkoan Masamba Terbakar Dini Hari

Lepongannews.com-, Luwu Raya – Rumah adat Tomakaka Masamba (Banua Sulu’ Katokkoan) di Lingkungan Sa’pek Tengah Jalan Lesangi Kelurahan Bone Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terbakar pada Jumat, 12 April 2024 sekira pukul 02.45 Wita.

Rumah Adat (Banua Sulu’ Katokkoan) Katomakakaan Masamba adalah warisan budaya di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red), salah satu rumah tertua di kampung Sa’pek Masamba dan dibangun tahun 2017. Diresmikan Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Selasa 30 Oktober 2018 silam.

Bangunan adat itu dikenal dengan nama Banua Sulu’ atau banua (rumah) adat Katokkoan. “Sudah menjadi warisan dari leluhur di Kabupaten yang dijuluki Bumi Lamaranginang.

Warga berharap pemerintah dapat segera mendukung pendirian kembali rumah adat tersebut.

Peristiwa terbakarnya bangunan rumah adat Katokkoan terjadi pada malam dini hari. “Kejadiannya sekira pukul 02.45 Wita.

Sementara Kapolres Luwu Utara AKBP Muh Husni Ramli melalui Kasi Humas Polres IPTU Gustan pada media ini via whatsapp menyampaikan rasa prihatin terhadap kejadian tersebut.

” Kami sangat menyayangkan musibah tersebut. Dan kami telah menginstruksikan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran banua sulu’ atau rumah adat Katokkoan,” sebutnya, seraya menambahkan kerugian diperkirakan Rp200 juta.

Pewarta: Ben/Yustus

Komentar

News Feed